Tempat Hiburan di Depok Ketahuan Simpan Minuman Beralkohol

Ilustrasi.
Ilustrasi.

DEPOK – Pemerintah Kota Depok kian gencar untuk menggalakan operasi mendadak (sidak) minuman beralkohol di beberapa tempat hiburan di Depok. Pada Selasa (26/07/2016) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok bekerja sama dengan Satpol PP, Disporasenbud, Dinkes serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Beji melakukan sidak minuman beralkohol ke beberapa tempat hiburan di Jalan Margonda.

Rumah Karaoke Inul Vizta D’Mall, Coffe Toffe dan Rumah Bernyanyi Keluarga NAV di Margocity adalah beberapa tempat yang disambangin oleh Disperindag. Dari tiga tempat tersebut, minimal beralkohol (minol) hanya ditemukan di Inul Vista D’Mall sebanyak enam botol.

Untuk kadar minol yang berhasil ditemukan adalah golongan B kadar ethanol lebih dari 5 persen sampai 20 persen dan golongan C kadar ethanol lebih dari 20 sampai 55 persen.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

“Kami akan panggil pengelola tempat hiburan terkait temuan ini. Kami (Disperindag) akan klarifikasi kepada pelaku usaha tersebut,” ujar Kepala Bidang Kemetrologian dan Perlindungan Konsumen Disperindag Kota Depok, Fenti Novita, usai melakukan sidak.

Fenti juga mengatakan pihaknya akan membuat surat pemanggilan ke pemilik usaha Inul Vista D’Mall pada Rabu, (27/07/2016)

”Pasti kami klarifikasi dulu, karena saat tadi ditanyakan ke pegawai alasannya, baru saja ada yang ulang tahun,” tukas Fenti.

BACA JUGA:  Peringati HPSN 2019, Komunitas Ciliwung Depok Kembali "Bebenah Ciliwung"

Hasil dari klarifikasi pelaku usaha akan diputuskan oleh Disperindag. Untuk membuat surat teguran sampai tiga kali.

”Jadi dua pekan dari tiap teguran, kita cek kembali ke lokasi. Apakah masih ada atau tidak. Jika tiga kali teguran masih ada, baru kami serahkan ke Satpol PP untuk ditindaklanjuti,” tegasnya.

Untuk diketahui, minuman beralkohol dikelompokan dalam tiga golongan, yaitu, minol golongan A dengan kadar ethanol 1 persen sampai dengan 5 persen, minol golongan B dengan kadar ethanol lebih dari 5 persen sampai dengan 20 persen, minol golongan C dengan kadar ethanol lebih dari 20 persen sampai dengan 55 persen. Minuman beralkohol golongan B dan golongan C adalah kelompok minuman keras yang produksi, pengedaran dan penjualannya ditetapkan sebagai barang dalam pengawasan. (Claudia/Depokpos)

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

Comments

comments

Komentar

News Feed