Restoran Rumah Tahanan, Merasakan Suasana Makan Dalam Lapas di Depok

Restoran Rumah Tahanan Depok
Restoran Rumah Tahanan Depok

DEPOK – Para pembisnis kuliner kini semakin gencar membuat gebrakan baru untuk menarik perhatian para pecinta kuliner. Selain rasa dan tampilan makanan, ternyata keunikan tempat menjadi salah satu nilai jual yang patut dipertimbangkan. Seperti yang diperlihatkan oleh restoran Rumah Tahanan Mie Jambret yang ada di Kota Depok.

Restoran yang berada di Jalan Margonda Raya nomor 455, Beji, Depok ini menghadirkan suasana menyantap makanan layaknya di dalam penjara. Saat sampai di depan restoran, suasana yang diciptakan persis seperti di dalam lapas. Anda akan disambut oleh pelayan yang menggunakan pakaian khas narapidana yaitu baju bergaris hitam-putih, topeng dan nomor dada. Namun, jangan berpikir bahwa suasana akan menegangkan seperti di dalam penjara, karena para pelayan justru akan menyambut anda dengan ramah.

Pramusaji yang yang melayani juga lengkap dengan seragam tahanan.
Pramusaji yang yang melayani juga lengkap dengan seragam tahanan.

Rumah Tahanan Mie Jambret memberikan pelayanan yang berbeda saat memesan makanan. Ketika kita masuk, kita harus langsung memilih menu yang kita inginkan, tanpa adanya buku menu. Menu yang ditawarkan bisa dipilih langsung dari banner yang telah digantung beberapa langkah setelah pintu masuk. Meski menu yang dijual belum terlalu beragam, tetapi Rumah Tahanan memiliki menu andalan, yaitu Mie Jambret dengan beberapa level. Mulai dari non level sampai level 5, varian tingkat kepedasan diukur dari cabai yang digunakan, yaitu mulai dari 5 cabai hingga 100 cabai.

Selain itu, ada pula nasi goreng hitam yang dibuat sama dengan level 1 sampai dengan level 5. Kemudian, terdapat aneka gorengan dan dim sum. Selain makanan, restoran ini pun menyediakan varian minuman yang tak kalah unik, masing-masing minuman diberi nama dengan hal-hal yang berhubungan dengan penjara, seperti copet, preman, bandar, dan yang lainnya. Setelah memesan makanan, kita harus langsung membayar pesanan kita ke kasir. Jangan takut soal harga, karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari sekitar Rp 3.000,- sampai dengan RP 20.000,-.

Salah satu menu andalan yang disajikan dengan tingkat pedas per level
Salah satu menu andalan yang disajikan dengan tingkat pedas per level

Conita Fitrianti (20), salah satu pengunjung Rumah Tahanan Mie Jambret mengatakan bahwa restoran ini merupakan salah satu tempat yang sedang hitz di Depok, maka dari itu ia kesini untuk mencicipi bagaimana rasanya makan di dalam lapas.

“Iya, aku kesini karena emang ngeliat banyak yang update. Pas masuk, sempet kaget sih emang bener, ternyata sesuai sama namanya. Aku juga pengen ngerasain rasanya makan kaya di penjara,”ujarnya.

Desain interior di dalam gedung memang mampu membuat suasana semakin terasa seperti ada di dalam tahanan. Bangunan tersebut terdiri atas 3 lantai dimana ruangan-ruangan di dalamnya dibuat dengan jeruji-jeruji besi dan blok-blok yang berbeda. Blok-blok tersebut disusun berdasarkan abjad dan memiliki nama yang berbeda, contohnya adalah “Blok K Tahanan Korupsi”. Dalam satu blok, terdapat 2 sampai 5 meja makan yang disusun sedemikian rupa.

Interior bagian dalam
Interior bagian dalam

Pengunjung lainnya, Hariska Julianty (20) mengatakan bahwa bukan hanya tempatnya yang unik, cara penyajian makanan pun tidak kalah unik.

“Aku kaget waktu namaku dipanggil, aku kira kenapa, ternyata disini emang ngambil makanannya sendiri ya, jadi di panggil gitu. Unik sih, tempat makannya juga stainless steel gini, berasa tahanan beneran,”tuturnya.

7.JPGRumah Tahanan memang benar-benar membuat para pelanggannya bersikap mandiri layaknya di lapas. Saat makanan yang dipesan sudah siap, kita harus mengambil makanan tersebut sendiri. Nama pemesan akan disebut berdasarkan nama yang sebelumnya telah kita sebutkan pada saat kita memesan makanan.

Pelayan memanggil dengan kalimat “Tahanan (sesuai dengan nama pemesan) silahkan mengambil makanan yang sudah siap”.
Tentu saja hal itu menjadi hal yang menarik perhatian para pelanggan. Selain harga yang terjangkau dan pelayanan yang unik, Rumah Tahanan Mie Jambret pun dapat menjadi salah satu tempat yang cocok bagi pecinta kuliner yang hobi berfoto ria. Sebab, pada lantai 3 kini terdapat mural yang sangat selfie-able.

Jika anda pecinta kuliner yang menyukai tempat unik dan tentunya asik untuk berkumpul dengan teman-teman, tempat ini bisa dijadikan salah satu daftar restoran yang wajib kalian kunjungi. (Mitha Try/Depokpos)

Comments

comments

Komentar

News Feed