Jelang Tahun Ajaran Baru, Toko Perlengkapan Sekolah di Depok di Serbu Pengunjung

Suasana di toko buku sederhana, Sukmajaya, yang dipadati pengunjung. (Mitha/Depokpos)
Suasana di toko buku sederhana, Sukmajaya, yang dipadati pengunjung. (Mitha/Depokpos)

DEPOK – Jelang tahun ajaran baru periode 2016/2017 nampaknya sejumlah toko perlengkapan sekolah di Depok, Jawa Barat ramai diserbu oleh para orangtua yang ingin membeli beberapa kebutuhan sekolah untuk anak-anaknya.

Toko buku Sederhana di Jalan Proklamasi, Sukmajaya, Kamis (14/7/2016) siang, sedang dipadati oleh pengunjung. Para orangtua rela berdesak-desakkan demi mendapatkan buku tulis, ATK dan beberapa perlengkapan lainnya dengan harga yang murah. Nampaknya, perbandingan harga dengan toko buku besar lainnya menjadi salah satu faktor perhitungan para orangtua untuk berbelanja di toko buku tersebut.

“Saya tiap tahun memang belanja di sini, perbedaan harganya sama toko yang lain, lumayan juga,”tutur Yuni(42), salah satu pengunjung yang sedang sibuk memilih perlengkapan sekolah.

BACA JUGA:  Resmikan RSUI, Menristekdisti Harapkan Bisa Berikan Pelayanan Global

Para pegawai pun tampak kerepotan melayani pengunjung yang membeludak. Namun, salah satu pegawai mengatakan bahwa hal ini sudah biasa mereka lewati saat tahun ajaran baru tiba.

“Udah nggak kaget sih, karena setiap tahun memang begini, pengunjung datang bisa 2 kali lipat,”tuturnya.

Senada dengan toko Sederhana, toko Hendra yang menjual perlengkapan sekolah dan seragam sekolah pun dipenuhi oleh para orangtua yang sibuk memilih seragam untuk anaknya. Lagi-lagi, para orangtua memilih membeli seragam di toko ini alasannya karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada toko besar lainnya.

Eka (34) yang merupakan salah satu pengunjung toko Hendra yang sedang memilih sepatu untuk anaknya yang baru saja naik kelas IV SD mengaku bahwa kualitas yang ada di toko Hendra tidak kalah dengan kualitas di toko-toko besar lainnya.

BACA JUGA:  Peringati HPSN 2019, Komunitas Ciliwung Depok Kembali "Bebenah Ciliwung"

“Kualitasnya sama aja kok, ini juga dekat dengan rumah, jadi lebih terjangkau lah,”tuturnya.

Eli (26) salah satu pegawai toko Hendra pun mengatakan bahwa dari mulai jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas pelonjakkan pengunjung sama banyaknya.

“Ya, memang seperti ini kalau tahun ajaran baru, kita sengaja sediakan stok 2 kali lipat dari biasanya, soalnya pengunjung yang datang bisa naik 2 kali lipat juga dari biasanya,”ucapnya.

Toko Hendra nampaknya sudah mengantisipasi pelonjakkan pengunjung ini dari jauh-jauh hari. Sebab, Eli mengaku bahwa pegawai di Toko Hendra diperbanyak, sejak bulan Ramadan tiba.

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

“Biar mengantisipasi banyaknya pengunjung dari hari biasanya, kita tambah karyawan lagi. banyak yang baru lulus SMA, pada kerja disini. Dari mulai Ramadan, karena kan banyak juga yang beli baju muslim untuk lebaran disini,”jelasnya lagi.

Eli mengakui bahwa kebanyakan yang datang ke dua toko tersebut adalah warga setempat, tetapi tak jarang banyak pula warga dari daerah lain datang dan berbelanja perlengkapan sekolah di tempat tersebut.

“Ga Cuma di sekitar Sukmajaya sih, banyak juga yang datang kesini untuk beli perlengkapan sekolah,”tutupnya. (Mitha/Depokpos)

Comments

comments

Komentar

News Feed