DPPKA Kota Depok Optimis PBB dan BPHTB Capai Target Tahunan

kantor pbb.jpg

DEPOK – Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Depok sampai minggu kedua di bulan Juli telah mencapai Rp 66,19 miliar. Jumlah tersebut masih jauh dari target yang dipatok sepanjang tahun ini yaitu sebesar Rp 174 miliar. Namun, Kepala Bidang Pendapatan II Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Depok, Endra, optimis bahwa perolehan PBB akan melebihi target pada tahun ini.

Keoptimisan tersebut muncul karena perolehan PBB pada pertengahan tahun ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun lalu.

BACA JUGA:  Santunan dan Bukber Perum PKA dihadiri Wakil Ketua DPRD Depok

”Kami selalu yakin jika perolehan PBB setiap tahun tercapai. Seperti pada 2015 kami justru melebihi target yakni 112,15 persen atau memeroleh PBB sekitar Rp162 miliar,”ujarnya.

Berdasarkan data DPPKA Kota Depok, perolehan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang dibayarkan para pemegang surat setoran pajak daerah hingga bulan ini mencapai RP 101,19 miliar dari target sepanjang tahun RP 233 miliar.

BACA JUGA:  Komunitas Depok Banget Gelar Bukber dan Santunan Yatim

Endra pun menerangkan jika dibandingkan dengan sektor pajak lainnya, perolehan PBB dan BPHTB setiap tahun selalu menjadi kontributor utama pendapatan asli daerah di Kota Depok.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat beberapa penyesuaian dan tertib administrasi sebagai cara untuk mencapai target yang ditentukan pada tahun ini.

”Misalnya kami menambah akses kemudahan pembayaran yang bekerja sama dengan bank dan minimarket,”tutupnya. (Mitha Try/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya