Metode Perawatan IPL dan Peeling Untuk Kulit Berjerawat

Ilustrasi. (istimewa)
Ilustrasi. (istimewa)

Depok – Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh semua orang. Cara menghilangkan jerawat tersebut ada dua metode yaitu IPL dan peeling.

Jerawat atau biasa disebut acne merupakan salah satu keadaan pori-pori kulit wajah yang tersumbat sehingga menimbulkan benjolan merah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Seperti tidak ada manusia yang tidak pernah mengalami jerawatan pada wajahnya.

Banyak hal penyebab terjadinya timbul jerawat pada wajah salah satunya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Seperti yang dikatakan dr. Herlin, “jerawat yang timbul itu bisa disebabkan oleh hormon juga apalagi kalau lagi datang bulan.”

BACA JUGA:  17 Cara Alami dan Aman Mencerahkan Wajah

Banyak metode perawatan untuk wajah berjerawat ataupun untuk menghilangkan bekas jerawat seperti metode IPL Active Acne dan Peeling. “Kalo mau menghilangkan biasanya peeling tapi lebih berisiko karena muka merah-merahm sedangkan kalo IPL itu selesai perawatan yaudah seger lagi,” ujar dr. Herlin sebagai konsultan klinik kecantikan di Depok.

Metode IPL (Intense Pulse Light), yaitu metode untuk menghilangkan minyak yang berlebihan di wajah dengan menggunakan sinar cahaya yang diarahkan ke wajah. IPL sendiri berfungsi untuk mengecilkan pori-pori.

BACA JUGA:  7 Manfaat Ajaib Madu untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Saat melakukan perawatan IPL ini dingin seperti es karena permukaan alatnya, rasa bak digigit semut ketika alat mulai menyengat ke wajah, dan berakhir panas karena cahaya yang dikeluarkan dari alat IPL tersebut.

Selain metode IPL ini ada metode lain, yaitu Peeling wajah merupakan metode perawatan pengelupasan kulit dengan menggunakan obat yang dioleskan kepada wajah. Peeling mempunyai metode yang aman dan umum digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, hyper pigmentasi (flek), pori-pori besar, kerutan halus, dan pigmentasi kulit.

Proses peeling adalah pengangkatan kulit mati yang terdapat pada lapisan kulit epidermis, sehingga lapisan yang berada di bawahnya yaitu lapisan stractum lucidum terlihat keluar dikarenakan lapisan tersebut lebih bening.

BACA JUGA:  Fitri RDJ Ajak Bertafakur Lewat Rilis Lagu Asmaul Husna

Peeling biasanya dilakukan untuk mengangkat bekas jerawat, “biasnaya kalau mau menghilangkan jerawat itu pake peeling, nah nanti kaya merah gitu terus ngelupas kulitnya,” kata dr.Herni.

Rasa sakit yang dirasakan ketika melakukan peeling adalah panas dan perih membuat air mata mengalir jika tidak kuat untuk menahan rasa sakitnya. Rasa sakit tersebut terkalahkan ketika berfikir bahwa kita ingin cantik dan mempunyai kulit putih yang bersinar.

Dewi Purningsih

Comments

comments

Komentar

News Feed