Kopi Untuk Kesehatan

Ilustrasi. (istimewa)
Ilustrasi. (istimewa)

Siapa yang tidak menyukai kopi, kopi termaksud minuman yang digemari baik pria maupun wanita. Minuman kopi yang terbilang bisa menghilangkan rasa kantuk ini, sudah menjamur dimana-mana. Berbagai rasa aneka kopi juga semakin banyak. Meminum kopi teratur setiap hari juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Meningkatkan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat. Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

Mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

BACA JUGA:  17 Cara Alami dan Aman Mencerahkan Wajah

Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

Mengurangi resiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

BACA JUGA:  7 Manfaat Ajaib Madu untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

Meningkatkan Mood

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan. (Sumber : Manfaat.co.id)

Banyak ahli dan penelitian tentang manfaat kopi seperti International Journal of Dermatolog menyatakan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang pertumbuhan folikel kecil di kulit kepala pria yang mengalami kerontokan rambut.

BACA JUGA:  6 Jenis Depresi yang Tak Disadari dan Gejalanya

Kopi sangat berguna terutama untuk menghilangkan kantuk ketika aktivitas yang panjang, minum kopi juga menjadi kebiasaan di setiap paginya sebelum melakukan aktivitas. Dengan meminum kopi dengan hangat membantu memperbaiki emosi dan membuat mengawali pagi dengan semangat. Walaupun meminum kopi sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari, tetapi harus tetap mengatur pola minum kopi yang tidak boleh berlebihan. Dan manfaat kopi sangat penting untuk diketahui terutama untuk penyuka kopi.

Faiz Prabowo Kusumo

Comments

comments

Komentar

News Feed