Kenali Penyebab Anemia (Kurang Darah)

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Anemia adalah kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah (eritrosit) dan/atau Hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada dibawah nilai normal (kurang darah).

Hemoglobin adalah bagian utama dari sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen. Jika seseorang kekurangan sel darah merah, atau hemoglobin yang normal, maka sel-sel dalam tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup, akibatnya tumbullah gejala anemia. Gejala anemia seperti lemah dan lesu terjadi karena organ-organ tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik, yaitu oksigen.

Anemia dikenal dengan istilah kurang darah. Kurang darah (anemia) ini berbeda dengan darah rendah. Darah rendah merupakan rendahnya tekanan darah, sedangkan anemia adalah kurangnya sel darah merah atau hemoglobin seperti telah disebutkan di atas.

Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, asam folat dan vitamin C, penyebab timbulnya penyakit anemia.

Seorang suster, Nurul Dwi Jayanti, Amd.Kep yang bekerja di RS. Gatot Subroto, Senen, Jakarta pusat mengatakan banyak obat alami mengatasi anemia yaitu seperti mengkonsumsi bayam duri, kacang hijau, daun kacang panjang, sayuran hijau, dan daging setiap 2x sehari.

“Jangan khawatir bila anda terkena anemia karena banyak solusi mudah mengatasi anemia dengan cara yang alami. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penambah darah. Terapkanlah gaya hidup sehat, agar terhindar dari penyakit seperti anemia dan penyakit lainnya,” ujarnya.

Seorang wanita muda bernama Devi Savitri mengidap animea. Wajahnyanya sangat pucat dan dia selalu merasakan sakit kepala yang membuat dia tidak bersemangat untuk hidup menjalani segala aktivitas. Dia tidak dapat melakukan aktivitas yang berat yang membuat raganya lelah. Terkadang dia merasa putus asa karena tidak kuat saat animea itu kambuh karena animea yang diderita sudah sangat parah. Syukurlah banyak teman dan saudara yang selalu menyuportnya dalam melawan animea itu.

Saya sendiri mengidap penyakit animea walau pun tidak separah Devi Savitri, saat sakit itu datang saya merasa tidak kuat menahannya. Saya sering merasa kelelahan bahkan drop kalau sudah melakukan banyak aktivitas. Saya juga sering merasa sakit kepala secara tiba-tiba, wajah saya terkadang pucat tanpa sebab, rambut saya pun rontok. Saya mengatasinya dengan tidak lepas dari obat tambah darah berupa kapsul dan saya mengkonsumsi sop kambing seminggu sekali secara rutin.

Hanifah Nur Sabillah

Komentar

Berita lainnya