69 Persen Siswa Baru SMAN 1 Depok Diterima lewat PPDB Online

DEPOK – SMAN 1 Kota Depok menerima siswa baru atau peserta didik baru (PDB) tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 360 siswa. Para siswa baru tersebut diterima melalui dua jalur penerimaan peserta didik baru (PPDB), yakni nonakademik (offline) serta jalur akademik (PPDB online).

“Sebanyak 360 siswa baru itu akan diterima di sembilan kelas, yakni masing-masing kelas sebanyak 40 siswa per kelas,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Teguh Syahrudin, seperti dilansir Antara, Senin (27/6/2016).

Berdasarkan pengumuman yang diterbitkan Dinas Pendidikan Kota Depok, jalur nonakademik dibagi menjadi dua bidang, yakni prestasi dan afirmasi umum. Bidang prestasi adalah calon siswa yang memiliki sertifikat yang direkomendasikan oleh Kemendikbud/Kemenag serta induk organisasi secara berjenjang.

BACA JUGA:  Peringati HPSN 2019, Komunitas Ciliwung Depok Kembali "Bebenah Ciliwung"

Teguh menyebutkan, bidang afirmasi meliputi calon siswa yang memiliki dokumen prasejahtera, surat keterangan anak berkebutuhan khusus (ABK), MoU dengan sekolah sebelumnya (sekolah satu atap), diusulkan oleh forum komunikasi warga berdasarkan MoU yang sudah ada (Bina Lingkungan), SK Terakhir PTK (anak Pendidik dan Tenaga Kependidikan), surat koordinasi dari daerah perbatasan asal (sekolah daerah perbatasan), dan cerdas istimewa bakat istimewa memiliki sertifikat IQ 130 skala wesler dari lembaga ber-ISBN.

BACA JUGA:  5 Tokoh Muslim Muda Australia Kunjungi SMART

Jalur nonakademik menerima calon siswa sebanyak 25 persen, sedangkan kuota calon siswa melalui jalur akademik sebanyak 75 persen meliputi dalam kota sebanyak 69 persen, luar kota dalam provinsi 5 persen, serta luar provinsi satu persen.

Menurut Teguh, SMAN 1 Kota Depok akan menerima siswa baru dari jalur nonakademik meliputi bidang prestasi 36 siswa baru serta bidang afirmasi umum, yakni prasejahtera 36 siswa dan kategori lainnya di bidang afirmasi umum sebanyak 18 siswa sehingga seluruhnya 90 siswa.

BACA JUGA:  Disdagin Depok Tingkatkan Pengawasan Tempat Usaha Tak Berizin

Dari jalur PPDB online, lanjut dia, menerima siswa baru dari dalam kota sebanyak 248 siswa (69 persen), dari luar kota dalam provinsi 18 siswa (lima persen), serta dari luar provinsi empat siswa (satu persen).

Menurut Teguh, penerimaan siswa baru baik dari jalur akademik maupun nonakademik akan diumumkan pada hari Rabu (29/6).

“Calon siswa yang mendaftar di jalur nonakademik dapat mengikuti jalur akademik jika telah mengundurkan diri atau mencabut berkas sebelum pengumuman,” katanya.

Comments

comments

Komentar

News Feed