Wisata Alam di Studio Alam TVRI, Alternatif Liburan Akhir Pekan Menyenangkan

IMG_2654 copy

DEPOK – Bagi Anda yang besar di era tahun 80-an, tentu tak asing lagi dengan acara Rumah Masa Depan yang tayang di TVRI. Dan pastinya Anda tidak akan merasa asing saat berkunjung ke Studio Alam TVRI Depok yang beralamat di Jalan Raden Saleh, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Studi Alam TVRI Depok dibangun pada masa Dr. Ishadi Soetopo Kartosapoetro menjabat sebagai direktur stasiun televisi nasional. Tokoh jurnalistik yang dikenal dengan nama Ishadi SK itu kemudian dikenal sebagai pendiri studio alam. Sebagai tempat wisata alam tentu saja Studio Alam TVRI Depok memiliki banyak pepohonan rindang.

BACA JUGA:  Gawat! DBD di Depok Tembus 328 Kasus

Di area Studio Alam TVRI Depok terdapat sebuah Situ tempat resapan air bagi daerah di sekitarnya. Situ tersebut biasa digunakan sebagai sumber air saat musim kemarau. Situ tersebut juga merupakan tempat pemancingan yang biasa dimanfaatkan para wisatawan.

IMG_3864 copy

Selain itu, di Situ ini juga tersedia perahu-perahu yang disewakan untuk anak-anak dan orang dewasa, dengan tarif Rp 10.000 per jam, Anda bisa membawa buah hati Anda menyisir penjuru Situ.

Tempat wisata seluas 30 hektar ini juga memiliki 19 rumah adat yang mulanya digunakn untuk kepentingan pengembilan gambar. Pengunjung dapat menyaksikan rumah joglo, rumah tradisional daerah Sumatra, rumah panggung Kalimantan, dan sebagainya. Di sini pengunjung juga dapat menumpai lapangan tenis yang belakangan dimanfaatkan sebagai lapangan tembak.

BACA JUGA:  DPRD Kota Depok Segera Paripurnakan LKPJ Realisasi APBD Kota Depok 2023

IMG_4156 copy

Pengunjung biasanya mengunjungi studio alam dengan menaiki sepeda atau motor. Di tempat rekreasi alam tersebut memang memiliki jalur khusus sepeda berupa jalan setapak dengan pohon-pohon rindang di bagian tepinya.

IMG_2403 copy

Di tempat ini pengunjung juga dapat melihat beberapa jenis satwa seperti kuda, kerbau, burung, dan sebagainya yang dilepas dengan bebas dan sudah jinak.

Studio Alam TVRI Depok dapat dikunjungi setiap hari. Harga tiket masuknya cukup murah dan ditentukan berdasarkan jenis kendaraan yang dibawa pengunjung. Tarif sebesar Rp 5.000 dibebankan kepada pengunjung yang membawa sepeda motor. Pengunjung yang mengendarai mobil diharuskan membayar Rp 10.000. Sedangkan bila datang tanpa membawa kendaraan, Anda cukup membayar Rp 1.000.