UN SMP/MTs Dimulai Hari Ini

Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

DEPOK – Senin (9/5), Sebanyak 25.781 siswa SMP dan MTs di Depok, hari in menjalani Ujian Nasional (UN) hari pertama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Rinciannya terdapat 20.197 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 5.584 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Depok, Jawa Barat. SMP negeri dan MTs baik negeri dan swasta di Depok tidak ada yang menyelenggarakan UN Computer Based Test (CBT). Namun, terdapat tiga SMP swasta di Kota Depok yang menggelar UN CBT.

Ketiga sekolah tersebut adalah SMP Lazuardi, SMP Pribadi dan Mts Al Hamidiyah. Selain SMP negeri dan swasta, UN juga diikuti siswa Madrasah Tsanawiyah dan siswa PKBM untuk ujian Paket B. Tercatat ada 196 SMP yang melaksanakan UN SMP hari ini.

BACA JUGA:  Disdagin Depok Tingkatkan Pengawasan Tempat Usaha Tak Berizin

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Depok Eneng Sugiarti mengatakan, sebanyak enam SMP negeri di Depok sudah diusulkan untuk UN CBT, namun kendala sistem dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah ditutup hingga rapat koordinasi UN kedua, maka keenam SMP negeri tersebut batal menggelar UN CBT.

Eneng yang hari ini melakukan pemantauan UN ke SMP Pribadi mengatakan bahwa UN berjalan lancar tanpa kendala. “Di SMP Pribadi ini UN nya CBT. Tapi, kami pagi tadi juga sudah melakukan pemantauan ke sekolah negeri yang menggelar UN Paper Based Test (PBT) dan semuanya berjalan lancar, tidak ada yang kekurangan soal atau kendala lainnya,” tutur Eneng kepada wartawan, Senin (9/5).

BACA JUGA:  Kelompok UMKM Sukmajaya Rilis Lima Gerai Sukmafood

Diungkap Eneng, untuk jumlah naskah soal UN SMP ada sekitar 85.564 naskah, naskah soal UN MTs 23.432 naskah dan naskah soal UN paket B 8.970 naskah dan tidak ada naskah cadangan. Semua naskah soal disimpan di gudang naskah yaitu di SMP Negeri 3 Depok di Kecamatan Sukmajaya dan mendapat pengamanan dari petugas kepolisian dari Polsek maupun Polres Depok.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila Prabowo mengimbau kepada orang tua peserta UN untuk wajib memotivasi putra putrinya selama menjalankan ujian.

“Saya berpesan kepada para siswa agar jujur mengerjakan soal, tidak menyontek dan bahagiakan orangtua dengan hasil yang maksimal,” katanya singkat.

UN SMP akan dilangsungkan selama empat hari yakni mulai Senin hingga Kamis, (9-12/5). Untuk hari Senin mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, hari Selasa Matematika, Rabu Bahasa Inggris, dan Kamis IPA. Sedangkan ujian susulan dijadwalkan akan digelar pada tanggal 16 hingga 19 Mei 2016. (SP)

Comments

comments

Komentar

News Feed