Pradi: Mayday Is Holiday!

pradi

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menegaskan tidak ada unjuk rasa yang dilakukan kalangan buruh selama peringatan May Day.

“Kami dan bersama pihak buruh dan kepolisian sepakat menjadikan May Day is holiday,” ujarnya di sela penutupan Depok Police Expo, Minggu (1/5).

Menurut dia, keharmonisan antara buruh dan pengusaha serta pejabat di Kota Depok sudah lama terjalin, maka tak perlu lagi ada aksi turun ke jalan.

Senada dengan Wakil Walikota, Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono mengungkapkan perayaan May Day di Kota Depok berjalan aman tanpa demonstrasi.

BACA JUGA:  BNN Depok Akan Rekrut Pegiat Narkoba

“Kami malah bersama-sama merayakan peringatan hari buruh dengan membuat agenda bersama yang melibatka buruh, pengusaha dan Pemkot Depok,” ujarnya.

Sementara dari kalangan buruh di Depok mendesak kenaikah upah pada tahun depan mencapai Rp650.000 seiring beban pengeluaran buruh di kota tersebut dinilai terus meningkat.

Sekjen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kota Depok Wido Pratikno mengatakan hak para buruh terutama di Depok harus disesuaikan dengan kontribusi kerja yang diberikan pada perusahaan.

BACA JUGA:  Kelompok UMKM Sukmajaya Rilis Lima Gerai Sukmafood

“Upah minimum tahun ini mencapai sekitar Rp3 juta. Kami rasa kurang cukup dan harus ada penaikan. Setelah kami hitung-hitung penaikan yang pas sekitar Rp650.000,” ujarnya.

Dia memaparkan tuntutan yang selama ini masih ditujukan pada pemerintah dan kalangan pengusaha adalah terkait pemberlakuan pekerja kontrak yang selama dinilai merugikan buruh.

Selain itu, penghapusan PP No. 78 yang berkaitan tentang upah juga disebut-sebut menjadi penghalang naiknya upah buruh selama ini. Dengan demikian, pihaknya meminta para pengusaha dan pemerintah diharapkan untuk menghapus aturan tersebut.

BACA JUGA:  Resmikan RSUI, Menristekdisti Harapkan Bisa Berikan Pelayanan Global

Wido menambahkan meski terus menuntut penaikan upah buruh, pihaknya tidak menggelar peringatan May Day seperti yang dilakukan oleh buruh di daerah lain. Menurutnya, unjuk rasa para buruh di Depok digelar dengan cara santun dan berkomunikasi langsung.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan pihaknya akan berusaha mengakomodir aspirasi yang disampaikan oleh kalangan buruh dalam setiap peringatan May Day.

Comments

comments

Komentar

News Feed