Menstruasi Tak Lancar dan Penanganannya

Bagi wanita yang sudah mengalami pubertas, menstruasi adalah sesuatu hal yang rutin terjadi. Siklus menstruasi normalnya terjadi dengan siklus 28 hari atau setiap bulan. Tetapi, bagi beberapa wanita kerap mengalami menstruasi yang tidak terartur. Bahkan, ia bisa merasakan menstruasi bukan setiap bulan, melainkan bisa dua bulan sekali, atau bahkan bisa ada yang sampai tiga bulan sekali.

Sebagian wanita berfikir kalau perubahan siklus mentruasi yang signifikan bukan masalah besar. Dalam ilmu kedokteran pun, pada anak perempuan yang baru mengalami menstruasi tidak sesuai dengan siklusnya juga bukan masalah yang besar. Namun, bagaimana jika hal ini terjadi pada wanita yang sudah berusia 17 tahun ke atas ?

Bidan Lia Waroka Amd, Keb, mengatakan,“Kalau untuk anak yang baru saja merasakan menstruasi, siklus yang tidak teratur itu sangat wajar karena masih ada faktor hormon kesuburan yang harus beradabtasi dengan tubuh si anak. Akan tetapi, apabila hal ini terjadi pada wanita yang usianya di atas 17 tahun, alangkah baiknya untuk mengetahui penyebab utamanya memang harus diperiksakan ke ahlinya,”

BACA JUGA:  4 Tips Mencegah Penyebaran DBD

Memang menyebalkan jika kita harus merasakan menstruasi yang tidak lancar. Selain berdampak pada kesuburan, kita pun sebagai wanita tidak bisa menghitung masa subur dan untuk beberapa orang yang sedang menjalani program kehamilan, akan sangat sulit jika mereka ingin mengetahui masa subur seorang wanita. Bagi sebagian wanita dan saya pun juga mengakui kalau hal itu sangatlah merepotkan.

Ternyata siklus menstruasi yang tidak teratur bisa saja menjadi salah satu penyebab dari kemandulan. Akan lebih baik jika kita sebagai wanita bisa mengetahui bagaimana cara agar siklus mentruasi kita teratur, khususnya untuk wanita yang sudah memasuki usia 17 tahun ke atas.

BACA JUGA:  Perlukah Kafein untuk Menemani Rutinitas Kita?

Berikut adalah cara untuk memperlancar dan memperbaiki siklus menstruasi :

Olaharaga

Seperti riset yang sudah dilakukan, olahraga memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain untuk menambah vitalitas dan mengatur keseimbangan hormon. Olahraga pun dipercaya mampu memperlancar dan memperbaiki siklus menstruasi yang terjadi pada wanita khususnya yang sudah berusia 17 tahun ke atas.

Makanan yang sehat

Asupan gizi yang seimbang juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus memberikan nutrisi agar kondisi atau keadaan hormon pemicu menstruasi di dalam tubuh tetaplah normal.

Hindari stres dan kelelahan

Kita pasti sudah tau kalau stres dan kelelahan menjadi hal pemicu keterlambatan atau terlalu cepatnya menstruasi seorang wanita. Maka dari itu, untuk memperlancar siklus menstruasi ini harus menghindari stres yang berlebihan. Dengan istirahat yang cukup bisa menjadi obat terampuh untuk menghindari stres ini.

BACA JUGA:  Telalu Sering Ber-medsos? Ini Dampak Negatifnya

Pada dasarnya diatas merupakan hal-hal yang harus dilakukan demi kesehatan tubuh kita. Namun, hal di atas juga dipercaya ampuh untuk memperbaiki siklus bulanan yang terjadi pada setiap wanita.

Tidak lancarnya siklus bisa mempengaruhi kondisi ovulasi (kondisi dimana sel telur siap dibuahi) karena sangat sulit kita mengetahui kapan ovulosi itu terjadi jika dalam kondisi mentruasi yang tidak teratur atau tidak lancar. Jika hal ini terus dibiarkan pasti akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Maka dari itu, percayalah mencegah itu memang lebih baik dari pada mengobati. Sebelum anda menyesal dikemudian hari segeralah periksa jika memang anda merasakan keanehan pada siklus menstruasi anda.

Elsi Cahyani

Komentar

Berita lainnya