May Day Tahun Ini di Jawa Tengah, Buruh Malah Pecahkan Rekor

Ganjar buruh1-ok

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di tengah-tengah buruh saat peringatan May Day, 1 Mei 2016 di halaman pabrik PT. Sandang Asia Maju Abadi, Semarang, Minggu (1/5).  (foto: Yaya)

 

SEMARANG,  (1/5) —  Peringatan May Day tiap tahun biasanya para buruh turun ke jalan atau demo besar-besaran.  Namun, yang terjadi di Jawa Tengah peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini tidak ada aksi turun ke jalan.

May Day di Jawa Tengah, para buruh  malah melakukan aksi sosial dan pecahkan rekor terbanyak mengucapkan “Selamat Memperingati Hari Buruh Internasional May Day is A Holiday”   yang diucapkan hampir 2.500 buruh di kawasan PT Sandang Asia Maju Abadi, Semarang, Minggu (1/5).

BACA JUGA:  Selamatkan Ibu dan Bayi Baru Lahir, Pemkab Tangerang, Alfamart dan FOPKIA Luncurkan Gerai KIA

Hadir dalam acara itu, para isteri Menteri yang tergabung dalam OASE-KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono, Pangdam Diponegoro, dan pejabat Muspida Jawa Tengah lainnya di halaman pabrik PT. Sandang sebagai pusat acara Hari Buruh di Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Ketenagakerjaan R.I, dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja, sebagai wujud nyata program aksi kepedulian terhadap tenaga kerja wanita Indonesia.

“May Day ini harus dimanfaatkan oleh buruh sebagai hari yang berbahagia dan bermanfaat bagi kaum buruh semuanya. Program kegiatan  pemeriksaan IVA (Infeksi Visual Asam Asetat) bagi pekerja perempuan saya apresiasi baik,” tandas Ganjar Pranowo dalam sambutan di tengah buruh, dan Gubernur dari PDIP ini sempat berdialog langsung dengan perwakilan 5 buruh perempuan serta 2 laki-laki di atas panggung.

BACA JUGA:  Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Halmahera Barat

Saking bahagianya, Ganjar Pranowo memberikan hadiah uang  langsung kepada tujuh perwakilan buruh itu sebesar Rp 1 juta per orang setelah memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menggelitik bagi buruh.

“Saya senang, kaget, dan terharu bisa langsung ngomong sama PakGubernur, Dan diberi hadiah,” kata Huria salah seorang buruh perempuan di PT. Sandang itu.

May Day mendatang (tahun 2017, red), Ganjar sempat menanyakan kepada para buruh  dipenghujung dialog, “Mau demo, mau diberi uang atau aktivitas lain?”  Buruh memilih kegiatan seperti ini saja – misal, kegiatan olahraga, bhakti sosial maupun hiburan.

BACA JUGA:  Peresmian Huntara Baznas Lombok Utara Untuk Korban Gempa

Sementara, program pemeriksaan IVA ini sudah dilaksanakan di PT. Sandang sebagai rangkaian kegiatan May Day dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah.

Dan sosialisasi kegiatan itu sudah dimulai sejak  25 April 2016, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan IVA kepada 2.000 orang tenaga kerja wanita oleh Direktorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Ditjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kemenaker. (Getar)

Comments

comments

Komentar

News Feed