Dewan Teknologi Informasi & Komunikasi Provinsi Papua Studi Banding ke Kampung UKM Belimbing Depok

IMG_5428 (640x434)

DEPOK – Sejumlah perwakilan dari Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Detik) Provinsi Papua, Kamis (11/5) siang melakukan kunjungan ke Kampung UKM Digital Belimbing Depok di Jalan Kamboja No. 17 C Rt 01/RW 05, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding untuk belajar bagaimana mengelola kegiatan sosial dibidang teknologi informasi.

“Kami mendapat informasi dari seorang Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Jayapura yang pernah datang ke Depok, kemudian merekomendasikan kami untuk melakukan studi banding ke Kampung UKM Digital Belimbing – Depok,” ujar Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Detik) Provinsi Papua, Dominicus RES Carvallo, SE, MM kepada Depokpos.

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

Diharapkan, studi banding ini dapat merealisasikan visi-misi Gubernur Provinsi Papua yang begitu antusias dalam perkembangan Informasi Teknologi (IT). Setelah kunjungan ini, diharapkan dapat berkolaborasi dan diterapkan di Papua nanti.

“Kami ingin ada kampung atau desa IT di Papua, Itulah sebabnya kami ingin melihat perkembangan dalam pengggunaan IT di Kota Depok. Yang jelas, banyak masukan dalam penggunaan IT dan segala manfaatnya. Wawasan kami makin terbuka, dan ternyata banyak peluang jika menggunakan sistem teknologi yang ada,” ungkap Dominicus.

Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Detik) Provinsi Papua, Dominicus RES Carvallo menyerahkan cendera mata kepada Harjanto.
Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Detik) Provinsi Papua, Dominicus RES Carvallo menyerahkan cendera mata kepada pengelola UKM Belimbing.

Lebih lanjut Dominicus menjelaskan, meski masyrakat Papua sudah melek IT, namun penggunaan dan pemanfaatan IT di Papua belum sepenuhnya digunakan secara maksimal. Terutama sekali untuk kepentingan bisnis. Misalnya saja, Provinsi Papua  punya banyak produk yang bisa dipasarkan secara nasional.

BACA JUGA:  Kelompok UMKM Sukmajaya Rilis Lima Gerai Sukmafood

“Sebut saja buah merah, tas noken, koteka, dan potensi alam lainnya. Banyak hal yang perlu dipromosikan secara online. Manfaat media sosial atau marketing secara online dapat mempromosikan aneka produk kami, termasuk wisata. Ketidaktahuan dan kesempatan inilah yang membuat kami harus belajar lebih banyak lagi tentang penggunaan dan pemanfaatan IT,” tandas Dominicus.

Mengingat, tipografi di Papua, ada wilayah pesisir dan pegunungan, maka masih terdapat kendala dalam hal jaringan, terutama di pegunungan, khususnya Kabupaten Puncak. Namun, untuk wilayah pesisir sudah mulai dibangun, meski belum keseluruhan.

BACA JUGA:  Resmikan RSUI, Menristekdisti Harapkan Bisa Berikan Pelayanan Global

“Kami akan bangun infrastruktur lebih dulu. Kami akan fokuskan pengembangan IT di kota dan pesisir. Kalau kota sudah bagus, otomatis akan mengadopsi dan dikembangkan di daerah masing-masing.”

Selama sepekan, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Provinsi Papua akan melakukan sejumlah rangkaian kunjungan. Selain studi banding ke Kampung UKM Digital Belimbing Depok, juga melakukan kunjungan ke Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional serta ke Dilo (Digital Innovation Lounge) di Jakarta. (Desmoreno)

Comments

comments

Komentar

News Feed