5 Hal Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat sudah menjadi hal yang biasa muncul di wajah seseorang. Baik kaum wanita maupun kaum pria, merasa kesal jika di wajahnya yang semula halus tiba – tiba saja ada jerawat tumbuh. Jerawat sering identik dengan remaja karena pada usia tersebut hormon masih produktif, walaupun orang dewasa terkadang masih suka timbulnya jerawat.

“Suka kesal sendiri kalau jerawat muncul. Jadi buat saya tidak percaya diri,” keluh Zahra, salah satu remaja yang mengalami jerawat. Menurutnya, jerawat itu sangat mengganggu, membuatnya jadi tidak percaya diri untuk pergi ke mana pun. Saat ia datang bulan, biasanya bintik – bintik pada wajahnya muncul.

Tidak hanya dokter kulit yang mengerti permasalahan yang satu ini, namun seorang apoteker pun paham akan soal jerawat. Cyanita Fransiska S.Farm,. Apt sudah terbiasa menerima konsultan dari para pasiennya. Ia bisa meracik obat untuk wajah seseorang yang terkena jerawat. Menurutnya mengapa bintik – bintik di wajah muncul, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda dihindari agar tidak muncul jerawat.

Pertama, hindari gorengan dan makanan berlemak. Jika mengonsumsi lemak minyak tidak sehat secara teratur, tubuh akan dipaksa untuk menggunakannya membentuk sel kulit baru. Sel-sel kulit tidak akan berfungsi dengan baik. Akhirnya, jerawat dan penyakit kulit lainnya dapat muncul.

Kedua, hindari stres. Hal tersebut akan meningkatkan adrenalin yang artinya hormon memicu reaksi terhadap tekanan dan kecepatan dalam darah. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar hormon berasal dari kelenjar adrenalin atau biasa disebut kortisol yang dilepaskan dalam tubuh Anda. Adrenalin yang berlebihan mengurangi kapasitas nutrisi dan menyerapnya, kemudian menyerang organ terbesar yaitu kulit.

Ketiga, hindari makanan pedas. Mengonsumsi berlebihan makanan pedas bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan Anda. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan sensasi peradangan di saluran pencernaan Anda, dan dapat menimbulkan jerawat pada kulit.

Keempat, kurangi memakan cokelat dan kadar gula tinggi. Selain mampu meningkatkan kadar gula dalam darah, makanan yang mengandung gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan berdampak pada penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Kelima, hindari memakan mie instan. Tidak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi makanan ini terlalu banyak, kurang baik untuk kesehatan, termasuk jerawat. Kandungan protein dan minyak yang terdapat dalam mie instan dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Sebaiknya jika ingin mengonsumsinya, jangan gunakan minyak yang terdapat di dalam kemasan mie instan. Buang air rebusan mie instan lalu ganti dengan air panas lain yang dimasak secara terpasah. Untuk alternatif pengganti mie instan, Anda bisa menggantinya dengan bihun maupun soun.

Keenam, atur pola tidur. Ketika sering tidur larut malam, itu berarti Anda telah mengurangi waktu tidur yang dibutuhkan untuk meremajakan tubuh. Kurang tidur juga menyebabkan stres, peningkatan peradangan. Stres mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.

Itulah hal – hal yang menyebabkan jerawat muncul di wajah seseorang. Tanpa disadari, Anda pasti sering melakukan hal – hal tersebut. Padahal apa yang Anda pikir itu enak ternyata dapat menimbulkan penyakit yang ada pada diri Anda. Dengan mengetahui penyebab terjadinya jerawat, masih beranikah Anda menerapkan hal – hal tersebut?

Devi Putri Pratama

Comments

comments

Komentar

News Feed