Sarana dan Prasarana Penanganan Sampah Kota Depok Masih Belum Ideal

IMG_4774 (640x427)

DEPOK – Upaya meningkatkan kebersihan di seluruh wilayah Kota Depok tengah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana.

Selain itu upaya tersebut juga diimbangi dengan kerjasama yang berkesinambungan warga dan Pemerintah Kota Depok.

Saat ini, sampah masih menjadi agenda penting yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota Depok. Total sampah timbun di Kota Depok sendiri, diperkirakan mencapai 1200 ton setiap harinya yang mayoritas adalah sampah rumah tangga. Sementara, Kota Depok hanya dapat melayani sekitar 500 ton sampah.

BACA JUGA:  Disdagin Depok Tingkatkan Pengawasan Tempat Usaha Tak Berizin

Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan, Kusumo menjelaskan terkait jumlah sarana dan prasarana kebersihan serta Sumber Daya Manusia (SDM) petugas kebersihan yang ada di Kota Berlambang Belimbing ini.

“Saat ini ada sekitar 81 armada kebersihan yakni mobil pengangkut sampah. Sementara untuk gerobak motor sendiri ada sekitar 54 armada”, tuturnya.

Jumlah tersebut dirasa masih kurang dari ideal, namun dirinya mengaku, dengan jumlah tersebut sudah cukup untuk menangani sampah di Kota Depok.

BACA JUGA:  Peringati HPSN 2019, Komunitas Ciliwung Depok Kembali "Bebenah Ciliwung"

“Ideal dari armada sampah yang seharusnya adalah 120 armada, namun untuk saat ini dengan tenaga disertai dengan sarana dan prasarana yang ada, itu sudah cukup untuk menangani masalah sampah yang ada di Kota Depok,” ungkap Kusumo.

Selain armada kebersihan, Kusumo mengungkapkan, Kota Depok memiliki 400 bank sampah dan memiliki 32 Unit Pembuangan Sampah (UPS), dan setiap UPS mampu menampung sampah sekitar 3 ton sampah setiap harinya dalam upaya memaksimalkan kebersihan di Kota Depok.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

“Ada kira-kira 400 bank sampah yang siap menampung, selain itu kita juga memiliki 32 UPS yang ada di Kota Depok yang juga siap menampung sampah,” tutupnya.

Comments

comments

Komentar

News Feed