Haji Asmawi, Petani Belimbing Pertama di Kota Depok (Bag. 1)

belimbing

DEPOK – Bicara sejarah orang pertama yang menanam pohon Belimbing di Kota Depok, adalah Haji Asmawi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Haji Mawi. Beliau adalah petani belimbing pertama asal Pasar Minggu yang ketika itu menanam pohon belimbing di lahan miliknya seluas 5 hektar. Ketika itu tahun 1980-an.

Demikian dituturkan Bang Husin, salahsatu petani Belimbing di Pancoran Mas Depok, saat ditemui depokpos di kebun belimbingnya di kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

BACA JUGA:  DPRD Kota Depok Segera Paripurnakan LKPJ Realisasi APBD Kota Depok 2023
Bang Husin.
Bang Husin.

Sejak Depok masih berstatus Kota Administratif (Kotif) tahun 1980-an, saat itu belum banyak masyarakat yang menanam pohon belimbing. “Petani yang pertama kali menanam pohon Belimbing itu namanya Haji Asmawi atau yang Haji Mawi, asal Pasar Minggu. Haji Mawi ketika itu punya tanah di Depok, tepatnya di Kelurahan Rangkapan Jaya (kini Perumahan Puri Hasanah). Kini beliau sudah meninggal dunia,” ujar Husin mengenang.

Dalam perkembangannya, Haji Mawi sukses sebagai petani belimbing, lalu diikuti masyarakat lokal, dengan menanam pohon belimbing Dewa. Petani di wilayah Kalilicin menyebutnya dengan Belimbing Dewi. Saat itu Haji Mamit, warga asli Pancoran Mas dipercaya untuk merawat, sekaligus belajar bercocok tanam belimbing dengan Haji Asmawi.

BACA JUGA:  Mobil Dilarang Melintas Jembatan Kuning, Kecuali Ambulans

Sejak itu jumlah petani belimbing di Pancoran Mas Depok bertambah dan berkembang hingga ke wilayah lain. Selain Haji Mamit, juga ada Haji Usman Deteng, Haji Niman, Haji Sanusi, Haji Yunus, Munasik, Husin, Nanang Yusup dan sebagainya.

“Yang pertama belajar menanam pohon belimbing adalah Haji Mamit. Dulu beliau yang rawat kebun belimbing Haji Mawi seluas 5 hektar. Ketika itu saya masih muda, dan sudah belajar membungkus,” kata Bang Husin. (Bersambung)

BACA JUGA:  Belum Selesai DBD, Kini Wabah Flu Singapura Hantui Warga Depok

Desmoreno