Haji Asmawi, Petani Belimbing Pertama di Kota Depok (Bag. 1)

belimbing

DEPOK – Bicara sejarah orang pertama yang menanam pohon Belimbing di Kota Depok, adalah Haji Asmawi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Haji Mawi. Beliau adalah petani belimbing pertama asal Pasar Minggu yang ketika itu menanam pohon belimbing di lahan miliknya seluas 5 hektar. Ketika itu tahun 1980-an.

Demikian dituturkan Bang Husin, salahsatu petani Belimbing di Pancoran Mas Depok, saat ditemui depokpos di kebun belimbingnya di kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

BACA JUGA:  Disdagin Depok Tingkatkan Pengawasan Tempat Usaha Tak Berizin
Bang Husin.
Bang Husin.

Sejak Depok masih berstatus Kota Administratif (Kotif) tahun 1980-an, saat itu belum banyak masyarakat yang menanam pohon belimbing. “Petani yang pertama kali menanam pohon Belimbing itu namanya Haji Asmawi atau yang Haji Mawi, asal Pasar Minggu. Haji Mawi ketika itu punya tanah di Depok, tepatnya di Kelurahan Rangkapan Jaya (kini Perumahan Puri Hasanah). Kini beliau sudah meninggal dunia,” ujar Husin mengenang.

BACA JUGA:  Kelompok UMKM Sukmajaya Rilis Lima Gerai Sukmafood

Dalam perkembangannya, Haji Mawi sukses sebagai petani belimbing, lalu diikuti masyarakat lokal, dengan menanam pohon belimbing Dewa. Petani di wilayah Kalilicin menyebutnya dengan Belimbing Dewi. Saat itu Haji Mamit, warga asli Pancoran Mas dipercaya untuk merawat, sekaligus belajar bercocok tanam belimbing dengan Haji Asmawi.

Sejak itu jumlah petani belimbing di Pancoran Mas Depok bertambah dan berkembang hingga ke wilayah lain. Selain Haji Mamit, juga ada Haji Usman Deteng, Haji Niman, Haji Sanusi, Haji Yunus, Munasik, Husin, Nanang Yusup dan sebagainya.

BACA JUGA:  Sukses Memulai Usaha dengan 7 Langkah Jitu

“Yang pertama belajar menanam pohon belimbing adalah Haji Mamit. Dulu beliau yang rawat kebun belimbing Haji Mawi seluas 5 hektar. Ketika itu saya masih muda, dan sudah belajar membungkus,” kata Bang Husin. (Bersambung)

Desmoreno

 

Comments

comments

Komentar

News Feed