Deddy Mizwar: Ubah Mindset Masyarakat Dalam Menjaga Alam

Ilustrasi.
Ilustrasi.

JAWA BARAT – Untuk menjaga dan melestarikan lingkungan alam, tidak hanya tindakan, namun perubahan pola pikir atau mindset masyarakat juga perlu dilakukan.

Dalam menjaga dan melestarikan lingkungan alam perlu peran serta multipihak, sehingga tidak hanya tindakan-penanaman pohon-namun pola pikir manusia (pengusaha dan masyarakat) juga perlu dilakukan untuk menjaga dan melestarikan alam serta lingkungan menjadi gerakan kebudayaan.

“Yang diperlukan untuk menjaga alam tidak hanya menanam pohon, tapi merubah mindset manusianya, sehingga menjaga lingkungan menjadi sebuah gerakan kebudayaan”, ungkap Wagub.

Wagub menambahkan, Jawa Barat merupakan provinsi dan wilayah dengan curah hujan tertinggi di dunia, sehingga apabila terjadi kekurangan air di kecamatan atau wilayah di Jabar maka telah terjadi masalah dalam pengelolaan alamnya. Selain itu, tindakan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan tidak hanya tertuju pada bagaimana menghabiskan anggaran, namun goal atau tujuannya harus jelas, sehingga ada manfaatnya tidak hanya untuk saat ini, namun juga untuk masa yang akan datang.

Di lingkup Kementerian BUMN, program Green Tour ini merupakan kepedulian terhadap alam dan lingkungan melalui tanam dan pelihara pohon selama 3 tahun, dan hal ini merupakan bagian dari program penanaman 1 Milyar pohon yang dicanangkan BUMN. Namun, yang dilakukan tidak hanya penanaman pohon tapi juga memberdayakan potensi ekonomi yang ada, sehingga memberikan keuntungan ekonomi kepada masyarakatnya. (deddymizwar.net)

Comments

comments

Komentar

News Feed