Tahun Depan Usia Angkutan Umum di Depok Dibatasi

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Lintas Batas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Akhmat Zaini, dalam sosialisasi dan pembinaan operator angkutan umum di Cimanggis, Depok, Rabu (23/3/2016). | Diskominfo Depok
Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Lintas Batas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Akhmat Zaini, dalam sosialisasi dan pembinaan operator angkutan umum di Cimanggis, Depok, Rabu (23/3/2016). | Diskominfo Depok

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memastikan akan memberlakukan pembatasan usia kendaraan angkutan umum yang boleh beroperasi di wilayah Kota Depok mulai awal tahun depan, tepatnya pada 1 Januari 2017.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Lintas Batas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Akhmat Zaini, dalam sosialisasi dan pembinaan operator angkutan umum di Cimanggis, Depok, Rabu (23/3).

Pembatasan usia armada kendaraan angkutan umum di Depok ini, berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwa) Depok Nomor 8 Tahun 2015 tentang persyaratan dan prosedur pemberian izin penyelenggaraan angkutan orang dalam trayek.

BACA JUGA:  BNN Depok Akan Rekrut Pegiat Narkoba

Dijelaskan dalam Perwal Depok Nomor 8/2015 tersebut disebutkan bahwa batas usia kendaraan untuk mobil penumpang atau taksi adalah 7 tahun, bus kecil atau mikrolet 10 tahun, bus sedang 15 tahun serta bus besar 20 tahun.

“Jika usia kendaraan melebihi batas yang ditentukan, maka tidak boleh beroperasi lagi dan akan kami tindak jika tetap beroperasi. Jadi kendaraan angkutan umum harus diremajakan jika sudah melewati batas usia yang ditetapkan. Ini mulai berlaku efektif 1 Januari 2017 mendatang,” kata Zaini.

BACA JUGA:  Resmikan RSUI, Menristekdisti Harapkan Bisa Berikan Pelayanan Global

Ia menjelaskan dalam ketentuan itu juga diatur bahwa untuk armada angkutan umum yang sudah melebihi batas usia kendaraan yang ditetapkan, selain tidak boleh lagi beroperasi sebagai angkutan umum di Depok, juga mesti dilakukan ubah fungsi menjadi angkutan pribadi atau menjadi angkutan barang.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Dishub Depok, Anton Taufani, menjelaskan bahwa aturan batas usia armada angkutan umum semua jenis, yang ada dalam Perwa Depok Nomor 8/2015 tersebut, sebelumnya sudah dikomunikasikan dan dibahas pihaknya bersama Organda Kota Depok.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

Karenanya kata dia tidak ada alasan bagi semua pelaku usaha angkutan umum dan operator angkutan umum, untuk tidak mematuhinya.

“Jadi aturan yang dibuat tahun 2015 ini, sudah dibahas sebelumnya dan disepakati oleh semua stake holder di usaha angkutan umum,” kata Anton. (fa)

Comments

comments

Komentar

News Feed