Internet Bukan Hal Menakutkan Untuk Anak

internet sehat

Internet Aman? Ya sebuah istilah untuk penggunaan internet yang baik, aman dan bermanfaat bagi penggunanya. Sebuah hal yang terdengar hampir sulit untuk diterima, terlebih bagi para orangtua yang memiliki anak sampai dengan usia remaja.

Mampu memakai internet adalah sebuah keharusan dijaman ini, karena begitu banyaknya informasi yang mudah didapatkan di internet. Sedangkan dilain sisi internet adalah momok bagi para orangtua yang memiliki anak sampai dengan usia remaja. Rasa khawatir ini sangat wajar sekali karena begitu mudahnya mengakses internet dari berbagai jenis perangkat seperti telepon pintar, laptop, tablet maupun komputer rumah.

Tidak adanya batasan pemakaian atau akses internet alias dunia maya yang sering disingkat dumay. Belum lagi dengan maraknya media sosial dan messenger seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lainnya. Begitu banyak cobaan di internet terlebih untuk anak-anak dan remaja yang memang dalam masa pertumbuhan serta pencarian jati diri untuk ingin dikenal atau eksis.

BACA JUGA:  10 Years Challenge Pengelolaan Sampah

Seperti kita ketahui bahwa telah banyak artikel, tulisan dan pelatihan tentang cara berinternet yang aman dan juga perangkat lunak tambahan untuk melakukan filter atas informasi internet yang ditampilkan. Berbagai cara atau tips diberikan agar anak-anak kita terbebas dari infromasi yang tidak dikehendaki. Dan yang menjadi pertanyaan bagi semua orangtu adalah, apakah cara-cara itu efektif? Jawab penulis adalah “TIDAK”.

BACA JUGA:  10 Years Challenge Pengelolaan Sampah

Benar, tidak ada cara yang benar-benar efektif mencegah cepat dan beragamnya informasi yang tersebar di dunia maya mencapai sasarannya, dalam hal ini adalah anak-anak kita. Internet dan teknologinya berkembang begitu cepat, secepat perkembangan anak-anak kita yang dulu bicara saja tergagap-gagap kini lebih senang menyendiri memegang gadgetnya dikamar.

Pada dasarnya kekhawatiran itu timbul semata-mata karena ketidakmampuan orangtua menanamkan nilai atau norma-norma agama dan budi pekerti yang baik keada anak-anak mereka. Internet bukanlah momok, dia hanyalah sebuah benda mati yang bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh penggunanya. Dunia maya hanyalah penyedia dan pemberi informasi tanpa diminta oleh pengguna, maka informasipun tidak akan diberikan.

BACA JUGA:  10 Years Challenge Pengelolaan Sampah

Sebagai kesimpulan penulis hanya ingin memberikan masukan kepada orangtua bahwa internet sebuah kebutuhan yang memerlukan pengetahuan, tanggung jawab dan kejujuran sebagaimana agama mengajarkan kita tentang kebaikan. Jadi jangan pernah khawatir dengan internet, tetapi khawatirlah jika kita sebagai orangtua tidak bisa mengajarkan anak-anak kita tentang tanggung jawab, budi pekerti dan kesopanan seperti yang diajarkan dalam agama yang kita anut.

100Ditulis oleh: Wiryono Sudianto (CJ Ryon)
Penulis adalah praktisi teknologi informasi dan penggagas Depok Cyber Center. Saat ini aktif menulis diberbagai media teknologi dan praktisi di Cyberlab yang berpusat di Bandung, Jawa Barat.

Comments

comments

Komentar

News Feed