Depok Akan Terapkan Vaksin Polio Bentuk Injeksi Mulai Juni

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui berberapa Puskesmas di Kota Depok akan menerapkan pemakaian vaksin polio bentuk injeksi atau IPV (Inactivated Polio Vaccine). Hal tersebut dilakukan karena sudah maraknya penggunaan vaksin tersebut di sejumlah negara maju berdasarkan resolusi World Health Assembly (WHA), forum tertinggi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Demikian Kepala Puskesmas Rangkapan Jaya Baru, Mira Miranti Puspita Sari menjelaskan.

“Puskesmas kami akan menerapkan hal ini pada Juni mendatang. Saat ini, di Indonesia hanya Yogyakarta saja yang serentak sudah melakukan vaksin polio dengan suntik,” tuturnya seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok, Selasa (1/3).

BACA JUGA:  Resmikan RSUI, Menristekdisti Harapkan Bisa Berikan Pelayanan Global

Dirinya mengungkapkan bahwa pemberian vaksin polio dengan bentuk injeksi memiliki efektifitas yang sama dengan pemakaian vaksin polio oral (OPV) atau vaksin polio tetes. Namun, pemberian vaksin polio secara bertahap harus menggunakan injeksi, karena dinilai lebih optimal dibanding vaksin polio oral.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Puskesmas Cipayung ini menambahkan bahwa di Kota Depok sendiri perlahan akan diterapkan pemakaian vaksin ini. Mengingat bahwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menargetkan pada 2018 Indonesia menggunakan vaksin polio injeksi secara penuh, yang dilakukan dalam tiga tahun berturut-turut.

BACA JUGA:  7 Manfaat Ajaib Madu untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

“Perlahan akan dijalankan penggunaan IPV ini karena sudah ditargetkan oleh Kemenkes,” tutup Mira.

Comments

comments

Komentar

News Feed