Walikota Depok: Kali Ciliwung Bisa Diberdayakan Untuk Wisata dan Olahraga Air

12742719_791728317598001_4149669537724736748_n.jpg

Depok, (21/2) – Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, aksi bersih-bersih sampah menyusuri aliran Kali Ciliwung dilakukan sejumlah warga dan komunitas di Kota Depok, Minggu (21/2).

Aksi bersih-bersih sampah di aliran Kali Ciliwung ini dipimpin langsung Wali Kota Depok, Idris Abdul Somad. Berbekal perahu karet, dan kantong plastik, jajaran Pemerintah Kota Depok bersama sejumlah relawan dan komunitas Ciliwung tampak antusias melakukan aksi ini.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

Rombongan yang menyusuri aliran Kali Ciliwung sempat berhenti di bawah jembatan Grand Depok City. Di tempat ini, wali kota meresmikan dermaga kecil untuk perahu karet.

“Segera kami akan berkoordinasi dengan Kementerian PU (Pekerjaan Umum) sebagai pemegang aset Ciliwung. Kami akan klarifikasi teknis pola pemberdayaan, jadi tidak hanya pemeliharaan, semoga bisa sampai kepada pemberdayaan potensi,” ujar Idris.

BACA JUGA:  Kelompok UMKM Sukmajaya Rilis Lima Gerai Sukmafood

Idris juga menambahkan bahwa Kali Ciliwung memiliki potensi besar untuk menjadi tujuan wisata dan olahraga air.

“Arusnya yang tidak terlalu ekstrem saya rasa juga bisa diberdayakan untuk wisata dan olahraga air. Kami akan komunikasi untuk tempat wisata dan peningkatan pemeliharaannya,” kata Idris.

Adapun mengenai anggaran untuk penerapan Ciliwung sebagai objek wisata, Idrus berdalih belum sampai ke sana. “Kami belum bicara anggaran. Baru konsep dulu,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Depok, Wijayanto yang mendampingi wali kota.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

Saat melakukan aksi bersih-bersih ini, Idris mengaku masih banyak menemukan pelanggaran-pelanggaran terkait kebersihan maupun pelanggaran bangunan yang menyalahi garis sepadan sungai (GSS). (san)

Comments

comments

Komentar

News Feed