Tips Sehat: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dimusim Hujan

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Musim hujan dan cuaca yang tak menentu menjadikan tubuh rentan terhadap penyakit flu dan demam yang mudah ditularkan dari atau kepada orang-orang disekitar kita. Membiasakan hidup sehat dengan gaya hidup teratur serta mengkonsumsi bahan-bahan alami merupakkan salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dilansir dari Huffington Post, ada sembilan cara alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yakni:

1. Tidur dengan benar.
Riset telah menemukan bahwa terjaga sepanjang malam dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Nantinya, mereka yang tidak memberikan tubuhnya waktu istirahat yang layak akan mudah diserang virus. Jika hal itu terus menerus dilakukan, maka kekebalan tubuh pun semakin lemah dan tak mampu melawan virus.

2. Konsumsi bawang putih.
Mengunyah bawang putih mungkin menjadi hal yang enggan Anda lakukan, mengingat efek aroma yang dikeluarkan setelahnya. Namun, mengonsumsi bawang putih dengan rutin dapat memberikan keuntungan yang besar untuk kesehatan. Tidak hanya meningkatkan sistem imun tubuh, menurut Pusat Kedokteran Universitas Maryland, bawang putih juga dapat mencegah penyakit jantung.

Untuk menikmati khasiat bawang putih tanpa takut akan membuat aroma mulut Anda memburuk, bawang putih mentah dapat dicampur dengan pesto yang bisa Anda guyurkan ke sajian pasta.

Jika Anda berani mencoba sesuatu yang baru, maka Anda dapat mencoba campuran bawang putih mentah, jahe, wortel dan lemon yang dihaluskan. Khasiatnya, sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat dengan lebih cepat.

3. Minum campuran lemon, jahe, madu dan kunyit dengan air hangat.
Banyak orang meyakini campuran tersebut sebagai ramuan mujarab penyakit demam. Dalam sebuah jurnal berjudul Evidence-Based Complementary yang diterbitkan pada 2012, dijelaskan bahwa jahe memiliki kandungan antioksidan sangat kuat yang bisa digunakan untuk masalah pencernaan.

Jeruk lemon sendiri menurut Mayo Clinic dapat digunakan untuk antioksidan dan mencegah demam. Terakhir, kandungan curcumin di dalam kunyit dapat mengatur daya tahan tubuh.

4. Konsumsi sup ayam.
Kandungan sup ayam memiliki efek anti peradangan. Hal itu, menurut Pusat Kedokteran Universitas Nebraska, dihasilkan dari sayur dan daging ayam. Kandungan sayur dan daging di dalam sup ayam dipastikan dapat memperlambat migrasi darah putih ke saluran pernapasan atas, yang dapat menghilangkan gejala demam.

5. Jadikan olah raga sebagai kegiatan mingguan.
Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama dengan mengikuti latihan lengkap di pusat kebugaran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berlatih yoga juga dapat membuat sistem imun Anda stabil.

6. Sempatkan waktu untuk menikmati teh.
Menikmati teh di pagi hari atau sebelum tidur mampu menenangkan tubuh. Hal terbaik tentang teh seperti teh mint adalah dapat membantu pencernaan dan kembung. Sementara itu, untuk teh hitam, hijau dan oolong dipastikan memiliki antioksidan tinggi dan mampu mencegah kanker.

7. Sarapan pagi dengan yogurt.
Dalam journal Science and Medicine in Sport, atlet-atlet di New Zealand yang mengonsumsi probiotik diketahui lebih jarang terkena flu ataupun infeksi pencernaan. Yogurt diketahui memiliki kandungan vitamin D, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, sarapan dengan yogurt vanila juga disebut-sebut dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

8. Berjemur di bawah matahari.
Terkena matahari pagi menjadi andalan untuk mendapatkan vitamin D, yang diketahui dapat mengembalikan sistem kekebalan yang sedang turun. Hanya saja, sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan tubuh Anda terpapar matahari. Cukup melakukannya selama 15 hingga 20 menit untuk mendapatkan dosis vitamin D yang Anda butuhkan.

9. Sering-seringlah tertawa.
Menonton serial televisi di malam hari memang sangat tidak direkomendasikan. Namun menyaksikan beberapa episode serial komedi di malam hari sangat disarankan. Tertawa dan perilaku positif disebut dapat menurunkan tingkat stres.

Sumber: CNN/Huffington Post

Comments

comments

Komentar

News Feed