Tahun Depan Kemendikbud Akan Umumkan Daerah Yang Indeks Integritas UN-nya Rendah

Istimewa
Istimewa

DEPOK,  (22/2) — Ini warning bagi pemerintah daerah yang membiarkan sekolah-sekolah di wilayahnya melakukan kecurangan saat ujian nasional (UN). Mulai tahun depan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengumumkan daerah mana yang indeks integritas UN-nya rendah.

“Ini jadi perhatian bagi daerah. Tolong imbau sekolah-sekolah di wilayah masing-masing untuk melaksanakan UN dengan jujur. Buat apa nilai UN tinggi tapi integritasnya rendah karena budaya menyontek tinggi,” kata Mendikbud Anies Baswedan saat membuka rembuknas Dikbud di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Minggu (21/2).

Dia menyebutkan, tahun ini pihaknya hanya menyebutkan daerah yang nilai UN dan indeks integritasnya tinggi. Yang integritasnya rendah, ditutupi agar kepala daerah tidak malu. Namun, mulai tahun depan hasil UN lengkap dengan indeks integritas akan diumumkan‎ seluruhnya. Baik yang indeks integritasnya tinggi, sedang, dan rendah.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

“Ini kami lakukan agar ada kesadaran dari seluruh sekolah untuk melaksanakan UN dengan jujur. Saya berharap, makin banyak sekolah yang nilai UN dan indeks integritasnya tinggi,” tandasnya. (Her)

Comments

comments

Komentar

News Feed