Hadapi Gelombang PHK, Pekerja Bisa Manfaatkan Program Pemprov Jabar

Ridho Budiman Utama, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat. (Ted)
Ridho Budiman Utama, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat. (Ted)

SUBANG, (16/2) – Menghadapi gelombang Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK di Jawa Barat, menurut Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Ridho Budiman Utama para pekerja yang terkena PHK bisa memanfaatkan program wirausaha abadi. Target Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam 5 tahun mencetak 100 ribu wirausawan baru.

Tujuan program ini untuk memperkuat sektor-sektor untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sesuai dengan sektor-sektornya. Diantaranya sektor perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan.

”Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk memperkuat sektor-sektor yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat terutama mantan-mantan PHK di Jawa Barat ada program wirausaha abadi,” jelas Ridho disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi DPD PKS Kabupaten Subang di Aula STIESA, Minggu kemarin (14/2).

Adapun strategi yang diterapkan ialah dengan mengasah keahlian kemudian bergabung dalam bentuk koperasi. Selanjutnya dipertemukan dengan perbankan guna mendapatkan permodalan. Karena menurut aturan baru pemerintah sudah tidak diperkenankan memberikan modal baru.

Untuk tahun ini perbankan telah menyiapkan dana sebesar 50 milyar untuk 500 usawan baru melalui KCR (Kredit Cinta Rakyat). Sedangkan tahun-tahun sebelumnya sudah mencapai 350 milyar rupiah.

Program ini juga untuk menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean  atau MEA yang telah berlangsung sejak awal tahun ini. Sehingga bisa memberikan stimulus kemampuan wirausahawan dalam negeri dalam bersaing dengan pengusaha lainnya dari luar.

“Sekarang kita berhadapan dengan MEA 10 negara ASEAN akan menjadikan (Indonesia) sebagai pasar. Kita juga harus bisa jualan dinegara-negara lain ASEAN,” ujarnya.

Maka dari itu kemampuan wirausaha harus diperkuat. ”Tahun lalu, kata Ridho sudah 19 ribu wirausaha baru yang dilahukan pelatihan.” pungkasnya. (Tedy)

Comments

comments

Komentar

News Feed