Cerita Dibalik Loser dot com, Internet Troll Terbaik yang Pernah Ada

loserdotcom.jpg

Depok Pos, (3/2) – Menurut laman wikipedia, internet troll mengacu pada orang yang mengirim pesan (atau juga pesan itu sendiri) di Internet dengan tujuan untuk membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lainnya.

Istilah ini diturunkan dari frasa “trolling for newbies” dan trolling for fish, yang pertama kali muncul di Usenet. Istilah ini juga sering disalahgunakan untuk memojokkan lawan diskusi dalam debat-debat panas dan sering juga diterapkan untuk mereka yang tidak peduli terhadap etika.

Banyak orang beranggapan, internet troll terbaik yang pernah ada adalah alamat situs Loser.com, sebuah situs yang tujuan utamanya adalah untuk membuat malu sebuah nama, lembaga atau bahkan pemerintahan yang dianggap melakukan sesuatu yang bodoh.

BACA JUGA:  Fitri RDJ Ajak Bertafakur Lewat Rilis Lagu Asmaul Husna

Cara kerja troll ini dengan mengalihkan (redirect) alamat domain loser.com kehalaman tokoh yang sedang diekspos karena dianggap melakukan kebodohan.

Hingga tulisan ini dibuat, jika kita menuliskan alamat Loser.com pada browser, maka saat ini akan otomatis mengarah pada laman wikipedia Senator Amerika Serikat Donald Trump.

Laman Donald Trump di situs wikipedia.
Laman Donald Trump di situs wikipedia.

Donald Trump bukanlah orang pertama, sebelumnya sudah banyak  nama yang menjadi sasaran troll ini. Tak lebih dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama hingga artis hollywood Kanye West pernah menjadi obyek dari internet troll ini.

BACA JUGA:  Salshabilla Kolaborasi dengan Amel Carla, Rilis Single Semangat Pagi

Jejak rekam loser.com selama 19 tahun terakhir, hingga saat ini masih tersimpan dengan rapi di laman Internet ArchiveDisitu kita bisa melihat sesiapa saja yang masuk kedalam daftar loser.com sejak tahun 1998.

Loser.com pada tahun 2008. (Internet Archive)
Loser.com pada tahun 2008. (Internet Archive)

Siapa pemilik domain Loser.com?

Washington Post menyebut bahwa seseorang mendaftarkan domain “loser.com” pada tahun 1997. (bukti awal menunjukkan orang ini adalah seorang pria bernama Steven Armato), namun data “who is”  domain tersebut menyebut bahwa domain ini terdaftar sejak 1995.

BACA JUGA:  Model Search 2019 Sukses Audisi Pertama di Yogyakarta

Sejak itu, Loser.com tampaknya sudah beberapa kali berpindah kepemilikan dengan data “who is” yang dirahasiakan.

Beberapa pakar internet menilai bahwa domain loser.com sebenarnya memiliki nilai jual yang tinggi dan merupakan hal yang sia-sia jika hanya digunakan sebagai Internet troll. (san/berbagai sumber)

Comments

comments

Komentar

News Feed