Cara Membuat Kartu Identitas Anak

Kartu Identitas Anak
Spesifikasi tampak belakang blanko kartu identitas anak sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016.

Depok, (13/2) – Kementerian Dalam Negeri membuat kebijakan baru di awal 2016. Melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016, semua anak berusia di bawah 17 tahun diwajibkan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Misbahul Munir di Balaikota Depok, Jawa Barat (Jabar), Jumat (12/2) menuturkan bahwa pembuatan KIA sudah bisa dilakukan di seluruh Kelurahan se-Kota Depok. “Petugas kami di Kelurahan sudah siap menerbitkan KIA, untuk itu para orang tua segeralah daftarkan anak-anaknya agar mendapat KIA,” ujarnya.

Bagi pemegang Kartu Identitas Anak di Kota Depok akan akan ada banyak keuntungan yang didapat. Keuntungan itu berupa pemberian diskon dari mitra kerja pendukung KIA di Kota Depok. (Baca: Ini Keuntungan Pemilik KTP Anak di Depok)

Munir, menjelaskan adapun persyaratan yang harus disiapkan orang tua dalam penerbitan KIA ini yakni dengan membawa pengantar RT, RW setempat, mengisi formulir permohonan KIA, fotokopi akta kelahiran anak, pas foto anak berwarna ukuran 2×3 cm sebanyak dua lembar bagi anak usia 1 tahun-5 tahun.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

Sedangkan bagi anak yang usianya di atas 5 tahun sampai usia 17 tahun akan dilakukan rekaman foto di Kelurahan. Syarat lainnya yaitu fotokopi KTP orang tua, dan foto kopi KK orang tua. “Silahkan lengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan kemudian datangi kantor kelurahan setempat,” kata Munir.

Berikut ini adalah cara membuat KIA:

BACA JUGA:  Peserta JKN-KIS Penderita Katastropik Kini Bisa Berobat ke Puskesmas

Bagi anak yang baru lahir, KIA akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran.

Sementara, bagi anak yang belum berusia 5 tahun, tetapi belum memiliki KIA, orangtua harus memenuhi persyaratan administrasi.

Pertama, yaitu menyiapkan fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran.

Kedua, menyiapkan kartu keluarga asli orang tua/wali. Selanjutnya, menyiapkan KTP asli kedua orang tua/wali.

BACA JUGA:  RSUI Dirancang Tahan Gempa Hingga 9,0 SR

Kemudian, bagi anak yang telah berusia 5 tahun, tetapi belum memiliki KIA, orangtua harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu menyiapkan fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya.

Kemudian, menyiapkan kartu keluarga asli orang tua/wali. Selain itu, membawa KTP asli kedua orang tua/wali, dan membawa pas foto anak berwarna, ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar. (san)

Comments

comments

Komentar

News Feed