Antisipasi Banjir, Pemkot Depok Siapkan Dana Rp 85M

Prajurit TNI dari Kodim 0508 Kota Depok dan Satgas Banjir menambal tanggul Kali Laya yang jebol di Cimanggis, Depok, beberapa waktu lalu.
Prajurit TNI dari Kodim 0508 Kota Depok dan Satgas Banjir menambal tanggul Kali Laya yang jebol di Cimanggis, Depok, beberapa waktu lalu.

Depok, (28/1) РPemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) menganggarkan Rp 85 miliar untuk menanggulangi banjir. Anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun turap dan perbaikan sungai serta jembatan.

“Untuk tangulangi banjir, Bimasda menganggarkan Rp 85 miliar untuk 2016 ini,” ujar Kepala Dinas Bimasda Pemkot Depok, Manto di Balaikota Depok, Rabu (27/1).

Menurut Manto, Pihaknya telah memantau 11 kecamatan yang ada di Depok untuk menekan potensi banjir dengan menormalisasikan sungai, setu dan turap.

BACA JUGA:  Peringati HPSN 2019, Komunitas Ciliwung Depok Kembali "Bebenah Ciliwung"

“Meminimalisasi potensi kebanjiran yang dilakukan adalah dengan cara membabat gulma di setiap setu, sungai, dan turap serta mengeruk kedalaman setu dengan alat berat,” jelasnya.

Dia mengutarakan, normalisasi dilakukan selain untuk meminimalisir banjir di Depok juga untuk mencegah dampak banjir ke kota lain khususnya Jakarta. “Permasalahan banjir di Depok berdampak ke Jakarta karena setu yang ada di Depok belum semuanya dinormalisasi,” ujar Manto.

BACA JUGA:  Wali Kota Persilahkan Warga Gunakan Taman Kelurahan Untuk Kegiatan

Menurut Manto, guna menormalisasi 23 setu yang ada membutuhkan anggaran sekitar Rp 450 miliar. Itu pun anggaran seharusnya dikucurkan dari pemerintah pusat. (fa)

Comments

comments

Komentar

News Feed