Pemkot Depot Akan Gelar Tes HIV/AIDS Gratis Pada 1 Desember

26hiv-aids_kfa_picture

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan melaksanakan tes HIV/AIDS secara gratis bagi masyarakat di Kota Depok. Kegiatan tersebut akan dilakukan bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember mendatang.

Advokasi Sekretariat KPA, Wimbo Asmoro, mengatakan bahwa kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya atas dasar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO). Setiap tahunnya, pelaksanaan kegiatan ini diberikan kepada instansi yang berbeda-beda.

BACA JUGA:  Mobil Dilarang Melintas Jembatan Kuning, Kecuali Ambulans

Adapun untuk tahun ini ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, sebelumnya diberikan kepada Kementerian Kehakiman Republik Indonesia.

“Karena yang ditunjuk adalah Kementerian Perhubungan, maka untuk di Kota Depok leading sector pelaksanaannya kita serahkan kepada Dinas Perhubungan Kota Depok,” ujar Wimbo, di Depok, Senin (23/11).

Tes HIV/AIDS akan dilakukan dengan metode mobile VCT di beberapa lokasi. Lokasi yang digunakan yaitu Poli Pemda, Terminal Depok, ITC Depok, Stasiun Depok Baru, serta Pasar Tugu Palsi Gunung. Tes akan dimulai pukul 8 hingga selesai dan ditargetkan sebanyak 1000 masyarakat dapat mengikuti tes tersebut.

BACA JUGA:  Pasien DBD Membludak, RSUD KiSA Depok Beri Ruang Khusus

Pada pelaksanaannya, sebelum pemeriksaan dilakukan pihak Dishub akan melaksanakan apel pagi di Terminal Depok. Selanjutnya mereka akan memberikan leaflet berupa pengumuman kepada masyarakat yang sedang bertransportasi.