Peduli Lingkungan dengan Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

Peduli Lingkungan dengan Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

DEPOKPOS – Di jaman yang sudah semakin maju membuat kita harus terus peduli dengan lingkungan, di bangun nya gedung gedung tinggi dan banyak pembukaan lahan yang terjadi akir akir ini membuat kita harus semakin memperhatikan lingkungan tempat kita tinggal, hal kecil yang harus kita lakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan namun meski dengan hal itu sudah kita lakukan sampah yang kita buang harus di pikirkan bahan apa yang ada di sampah yang kita buang, bahaya sampah plastik tidak boleh di pandang remeh sebelah mata karena sampah plastik tidak hanya mencemari lingkungan namun buruk untuk kesehatan manusia.

Berikut kandungan dalam sampah plastik dapat menimbulkan berbagai bahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan, antara lain:

Mikroplastik: Sampah plastik yang terurai menjadi potongan-potongan kecil (mikroplastik) dapat mencemari tanah, air, dan udara. Mikroplastik dapat tertelan oleh hewan dan manusia, dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Bahan kimia beracun: Zat aditif dalam plastik, seperti BPA, ftalat, dan timbal, dapat bocor ke makanan dan minuman dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kanker, gangguan reproduksi, dan masalah perkembangan pada anak-anak.

Gangguan ekosistem: Sampah plastik dapat mencemari habitat hewan dan mengganggu rantai makanan. Sampah plastik juga dapat menjerat dan membunuh hewan.

Dengan melihat bahaya yang timbulkan mau tidak mau kita harus mencari solusi penganti sampah plastik karena tidak dapat di pungkiri kita membutuhkan plastik dalam kehidupan kita.

Berikut solusi untuk penggurangan sampah plastik yang bisa kita lakukan dengan cara yang sederhana

· Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai: Gunakan tas kain, botol minum isi ulang, dan wadah makanan yang dapat digunakan kembali.

· Memilah sampah plastik: Pisahkan sampah plastik dari jenis sampah lainnya agar dapat didaur ulang.

· Mendukung daur ulang plastik: Belilah produk yang terbuat dari plastik daur ulang dan dukung program daur ulang di komunitas Anda.

· Meningkatkan kesadaran: Edukasi diri sendiri dan orang lain tentang bahaya sampah plastik dan cara-cara untuk menguranginya.

Karena harus kita ingat sampah plastic yang kita buang tidak akan hilang untuk waktu yang lama, sampah plastik itu hanya akan terurai menjadi potongan kecil kecil dan akan membuat lingkungan tercemar dan kesehatan akan terganggu kita bisa membakar sampah plastic namun itu bukan solusi yang jitu karena asap yang di hasilkan oleh pembakaran sampah akan membuat polusi udara jika kita terus terusan membakar sampah di lingkungan padat penduduk jadi terus kita ingat dan menginggatkkan untuk mengurangi sampah plastik untuk lingkungan yang sehat di masa depan.

Nova Sasi Ramadhani

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait