Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi

DEPOKPOS – Silaturahmi berasal dari bahasa arab yaitu ‘silah yang artinya menyambung dan ‘rahm’ yang artinya kasih sayang. Jika digabungkan silaturahmi mempunyai arti menyambung, menjalin atau menghubungkan kasih sayang, persaudaraaan atau kekerabatan. Sedangkan di Indonesia, silaturahmi menjadi istilah dalam budaya yang merujuk pada kegiatan menjalin hubungan baik antara individu, keluarga, atau kelompok dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan, menguatkan ikatan sosial, dan mempererat rasa kebersamaan.

Silaturahmi umumnya dilakukan dengan berbagai cara, seperti kunjungan langsung kerumah atau ke tempat kerja seseorang, mengadakan pertemuan keluarga, reuni, mengirim pesan atau menelepon, atau menggunakan sosial media dan tekhnologi komunikasi lainnya. Dalam kegiatan ini kita dapat saling bertukar cerita, bertukar kabar, bertukar informasi, memberi dukungan emosional dan saling memberikan bantuan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:  Implementasi Dzikir Terhadap Ketenangan Hati

Dalam budaya Indonesia, silaturahmi dianggap penting karena silaturahmi memiliki peran dalam memperkuat ikatan sosial dan harmoni antara individu, keluarga dan organisasi. Melalui silaturahmi, kita dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain, mempererat persaudaraan, saling memaafkan, serta berbagi kebahagiaan dalam kehidupan. Silaturahmi juga mengandung nilai religious, karena dianggap sebagai amalan yang dianjurkan dalam islam.

BACA JUGA:  Implementasi Dzikir Terhadap Ketenangan Hati

Didalam Al-qur’an banyak ayat yang menjelaskan tentang pentingnya silaturahmi, salah satunya terdapat dalam surah An-Nisa ayat 36, yang artinya :

‘Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.’

Dalam surah An-Nisa ayat 36 ini menjelaskan tentang betapa pentingnya untuk silaturahmi. Pada ayat ini, perintah silaturahmi berdampingan perintah untuk bersujud kepada Allah SWT. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa silaturahmi sangatlah penting untuk umat muslim.

BACA JUGA:  Implementasi Dzikir Terhadap Ketenangan Hati

Selain itu, adapula Hadist riwayat abu dawud yang menegaskan larangan untuk memutus tali silaturahmi, yang artinya:

“Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia -bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat- daripada perbuatan zalim dan memutus silaturahmi.” .

Nama : Nengsih Agustin
Instansi : STEI SEBI, Depok

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait