Merasa Dirugikan dengan Asuransi Jiwa, Mengapa bisa Terjadi?

DEPOKPOS – Pada sejak awal Januari sampai dengan September 2023, sebanyak 1.147 merupakan pengaduan industri asuransi jiwa yang dimana dari 1.147 pengaduan di industri perasuransian,

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyampaikan bahwa pihaknya melakukan evaluasi, namun sebagian besar aduan berasal sektor asuransi jiwa yang berkaitan dengan produk unitlink. Sisi pertama sayapun mendengar beberapa masyarakat, ada seseorang yang terkena penyakit kritis dan harus membayar dengan nominal yang sangat mahal, akhirnya tertolong karna pembiyaan tersebut dicover oleh asuransi,

Namun ada juga cerita yaitu seorang bapak mengikuti asuransi mulai 2012 membayar asuransi sampai puluhan juta setiap tahunnya, lalu pada tahun 2017 beliau terkena kanker getah bening, Namun pengajuannya ditolak oleh asuransi dan ada juga nasabah membeli asuransi sekaligus investasi, setelah beberapa tahun investasi bukan bertambah malah mengalami kerugian, bahkan ada juga yang sampai melapor kepada kepolisian dan menuntut untuk ganti rugi.

Kalau kita perhatikan beberapa media sosial seperti facebook dan berita dimedia sosial yang saya temui ini, ada banyak curhatan dari para nasabah karna merasa dirugikan oleh pihak asuransi, disatu sisi banyak juga cerita manis yang tertolong karna asuransi namun ada juga yang malah merasa dirugikan, jadi sebenarnya asuransi itu bermanfaat atau malah bikin rugi atau lebih baik menabung secara mandiri saja? Pasti banyak sekali yang bertanya mengenai ini.

BACA JUGA:  DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar bagi Empat Organisasi asal Indonesia

Mari kita bahas, skema asuransi kesehatan dan tips sebelum mengambil asuransi kesehatan.

Pertama Skema asuransi ialah konsep asuransi kesehatan pertanggungan sejumlah biaya perawatan jika terjadi resiko kesehatan, jadi apabila kita sakit biaya perawatan akan di bayarkan oleh pihak asuransi, bisa dibayarkan secara semua ataupun dibayar sebagian, bagaimana mendapatkan manfaat tersebut?

Kita perlu membayar premi asuransi bisa setiap bulan ataupun langsung setahun dan jumlah yang bervariasi disetiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang beragam, mulai dari cakupan perlingdungannya apa saja, proses klaim Asuransinya seperti apa dan apa saja jenis asuransi kesehatannya.

Kedua Cakupan perlindungannya ada yang cuma cover rawat inap saja, atau rawat inap plus rawat jalan, ada juga cover penyakit kritis dan ada yang cover perobatan diindonesia saja ataupun pengobatan diluar negri, karna manfaat kita mengetahui cakupan perlingdungan ini manfaat pertanggungannya disesuaikan tergantung seberapa besar komitmen premi yang kita bayar setiap bulan/tahunnya, maka penting banget mengetahui kebutuhan asuransi kita tuh apa saja sih.

BACA JUGA:  Mengenal SGIE, Laporan Tahunan Ekonomi Halal Dunia

Ketiga Proses klaimnya ada asuransi yang langsung membayarkan biaya perawatan kita yang gampangnya kita hanya perlu membawa kartu keanggotaan dari asuransi itu saja dan pihak rumah sakit akan konfirmasi kepada pihak asuransi dan ada juga asuransi yang kita dulu yang membayarnya tetapi nanti kita akan mengajukan klaim biaya perawatan itu kepada pihak asuransi.

Jenis asuransi itu ada asuransi konvensional dan syariah yaitu asuransi syariah sistemnnya memiliki prinsip syariah yang saling melindungi dan tollong menolong antar sesama nasabah yang berpotensi terkena resiko.

Selanjutnya yaitu Tips sebelum mengambil asuransi kesehatan supaya kita terhindar dari ognum asuransi yang nakal dan tidak sesuai.

Yang pertama pilih asuransi yang mempunyai reputasi yang baik, bagaimana cara taunya? Cari tau dengan media sosial bahwa asuransi itu seperti apa, dan kita akan menemukan nama nama perusahaan asuransi yang bermasalah dan asuransi yang bagus minim keluhannya.

BACA JUGA:  Lotte Land Sawangan Targetkan Serah Terima Dalam Dua Tahun

Ketiga pilih agen asuransi yang dapat dipercaya dan kita kenal baik, karna pada saat kita sakit agen inilah yang akan standby dan membantu kita serta memastikan bahwa kita dapat pelayanan asuransi.

Selanjutnya Keempat tentukan kebutuhan asuransi sebelum bertemu dengan pihak asuransi, misalnya hanya rawat inap saja, rawat jalan, atau penyakit kritis pada prinsipnya kita yang paling tau dan mengerti kebutuhan kita.

Dan yang terakhir Kelima waspada dengan unitlink perlu ekstra hatihati karna ada cukup banyak agen asuransi yang tidak menjelaskan dengan jelas yang akhirnya para nasabah heran mengapa limit berkurang, karna unitlink bukan tempat ideal untuk tempat investasi atau menabung. Namun unitlink ini bisa untuk sebagai dana cadangan jika suatu hari nanti tidak mampu untuk membayar asuransi, jadi dialokasikan untuk membayar premi.