Mahasiswa UPI Gelar Workshop Pembuatan Alat Permainan Edukatif “Happy Home” di Kabupaten Bandung 2024

DEPOKPOS – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta telah melakukan kegiatan rutin tahunan Workshop dan pengabdian kepada masyarakat tentang salah satu media pembelajaran yang dikenal dengan sebutan Alat Permainan Edukatif (APE). Telah dilakukan kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan guru – guru jangkauan Jawa Barat. Pengabdian ini diketuai oleh Primanita Sholihah Rosmana, M.Pd., dan beranggotakan Dr. Asep Kurnia Jayadinata, M. Pd., Annida Salsabila, Danella Kharismatika, Fadhilah Artanti, Fima Chairunnisa, Meirantie Aulia, Miftakhul Izza Azhari, Millah Dinillah, Nisrina Dhiya Ulhaq.

Pengabdian kepada masyarakat pada tahun ini bertemakan “Transformasi Pembelajaran Inovatif Melalui Alat Permainan Edukatif” yang terlaksana pada tanggal 5 Januari 2023 diawali dengan pembukaan workshop oleh pemateri yaitu Bunda Primanita Sholihah Rosmana, M.Pd., dan alumni PGPAUD UPI Purwakarta 2023 Teh Vinka Ratih Damayanti, S.Pd., dilanjutkan pengabdian selama 4 hari hingga tanggal 10 Januari 2023. Kegiatan penutup dilaksanakan secara hybrid daring melalui Zoom Meeting dan luring di Smart Classrom Kampus UPI di Purwakarta. peserta yang mengikuti workshop adalah guru-guru yang telah mengikuti pengabdian.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UGM Gelar Aksi Bersih Sampah di Pantai Congot

Maria Montessori menjelaskan bahwa lingkungan yang disiapkan dengan baik untuk pembelajaran anak. Menciptakan pendekatan pendidikan yang berfokus pada penggunaan bahan-bahan yang dirancang khusus untuk merangsang minat anak-anak. Workshop APE yang bertema “Transformasi Pembelajaran Inovatif Melalui Alat Permainan Edukatif” ini memiliki 10 hasil karya dari mahasiswa, diantaranya Goes to Zoo, Smart Trolli, 2M BOX Match and Math Box, Side to Side Home Game, Happy Home, Travel Education, Math Robot, Channel Education, Get to Know Organism, Smart Bag.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UGM Mengajarkan Tarian Tradisional Nusantara ke Anak-anak Konawe Selatan

Alat Permainan Edukatif “Happy Home” memiliki keunggulan yang fokus meningkatkan aspek perkembangan motorik halus dan kognitif. Permainan-permainan yang mengasah motorik halus dan kognitif diantaranya memainkan angka jam dinding, memasangkan huruf hijaiyah, menyamakan tulisan anggota keluarga (inti), belajar menjepit pakaian, menggambar sesuatu di magic board, dan memasangkan puzzle bangun datar. Pada APE “Happy Home” perkembangan-perkembangan lainnya pun terasah, perkembangan bahasa, moral dan agama, sosial emosional, dan seni. Karena, setiap permainan pasti bergantian, anak akan bertanya dan diarahkan, anak menggambar mengenal warna, dan mengenal huruf-huruf hijaiyah apa saja.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UGM Mengajarkan Tarian Tradisional Nusantara ke Anak-anak Konawe Selatan

“Sangat terkesan dengan kreativitas teman-teman dengan segala ide dan masukannya” Ucap Bu Kaswati, dan berpesan “Selalu menebar ilmu pengetahuan dan jangan lelah untuk berbagi inspirasi kepada kami tenaga pengajar yang masih banyak belajar dalam hal APE yang lebih terkoordinir”. Bu Kaswati juga laporan bahwa APE nya telah dipraktekkan oleh anak-anak dan melihat antusias sangat senang dan merasa bersama bermain padahal sedang belajar.

Annisa Salsabila