Peran Orang Tua Dalam Membangun Komunikasi Efektif pada Anak dalam Keluarga

DEPOKPOS – Komunikasi merupakan salah satu fungsi manusia dalam kehidupan disamping fungsi yang lain. Melalui’komunikasi seseorang dapat menyampaikan apa yang ada dalam pikiran atau perasaan kepada orang lain. Komunikasi juga adalah cara membangun ikatan atau ‘hubungan yang kuat dengan orang lain, termasuk antara orang tua dan anaknya. Komunikasi’ yang harmonis dalam keluarga adalah bagian dari proses pendidikan, penanaman nilai-nilai ajaran agama dan akhlak. Untuk itu interaksi komunikasi dalam keluarga antara orang tua sangat penting untuk membantu terbentuknya karakter sang anak.

Tujuan ‘komunikasi dalam Islam tidak sekedar sampainya pesan dan terjadinya perubahan sikap serta perilaku yang saling berinteraksi, tetapi terwujudnya kemaslahatan dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Pola’ komunikasi yang efektif dalam keluarga perlu dibangun agar terjalin hubungan yang harmonis dan tercipta saling memiliki serta menghargai’ antar anggota ‘keluarga. Karna dengan adanya keluarga harmonis dapat menciptakan keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah.

BACA JUGA:  Yuk Membayar Zakat: Langkah Menuju Kebaikan

Al-Qur’an sebagai’ kitab suci yang memberikan petunjuk kepada umat’ Islam dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, tidak saja berisi pokok ajaran tentang aqidah dan syariat, tetapi juga menyinggung aspek kehidupan sebagai makhluk sosial, diantaranya memberikan isyarat dalam berbagai ayat tentang cara ‘berkomunikasi yang efektif. Kemampuan’ komunikasi seorang anak’ tergantung dari kata dan’ stimulus yang di dapatkan dalam keseharian dari orang terdekatnya, dalam hal ini diantaranya adalah orang tua serta anggota keluarga lainnya. Dalam Islam orang tua juga memiliki peranan penting dalam membimbing dan mendidik, sejak dalam kandungan sampai menjelang dewasa, kewajiban orang tua merawat dan memelihara baik dari segi kesehatan fisik, mental dan sosial serta perkembangannya.

BACA JUGA:  Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa

Al-Qur’an’ memberikan isyarat tentang enam bentuk komunikasi efektif ‘yang dapat dijadikan acuan para orang tua dalam membangun komunikasi dengan anaknya, isyarat tersebut adalah: Qaulan Sadiida (perkataan yang benar), Qaulan’ Baligha (Perkataan yang Membekas Pada Jiwa), Qaulan’ Layyina (Perkataan yang Lemah Lembut), Qaulan’ Ma’rufa (menyenangkan hati), Qaulan’ Kariima (perkataan yang mulia), Qaulan’ Maisuura (Mudah Dimengerti)

BACA JUGA:  Mengenal Leasing Syariah dan Penerapannya

Oleh karna itu dalam’ konteks pendidikan, keluarga adalah tuntunan bagaimana seharusnya orang tua berbicara kepada anaknya sejak’ usia dini, yaitu dengan lemah’ lembut, ‘memperlakukan anaknya dengan arif dan bijak, ‘sehingga tertanam dalam jiwa anak dan anggota keluarga’ ujaran yang baik.

Siti Sekar Puspitasari
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka