Mahasiswa STEI SEBI Terjun Langsung dalam Pemberdayaan UMKM di Depok

Mahasiswa STEI SEBI Terjun Langsung dalam Pemberdayaan UMKM di Depok

DEPOK – Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) melalui mata kuliah laboratorium bisnis menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar bojongsari, kota Depok, Jawa barat. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan sudah menjadi rutinitas bagi mahasiswa semester akhir jurusan Manajemen Bisnis Syariah.

Setidaknya sejak Selasa, 17 Oktober 2023 ada 70 Orang lebih mahasiswa yang diterjunkan ke berbagai pemilik kios, atau bisnis kecil di masyarakat sekitar guna membantu dan memberdayakan bisnis yang sedang mereka jalani. Adapun kegiatan ini dilakukan secara intensif selama satu semester (6 Bulan) dan tanpa dipungut biaya sama sekali.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Uji Coba Angkot AC Depok, Tarifnya Nggak Bikin Bokek

“Tujuan dari mata kuliah ini adalah bagaimana kita mengaplikasikan ilmu-ilmu bisnis yang telah kita pelajari di kampus, dan bagaimana kita memanfaatkan ilmu itu dengan cara yang baik. Kita sebarluaskan ilmu tersebut dengan cara membantu dan mengabdi kepada masyarakat yang membutuhkan.” Ujar Abdi Triyanto, SEI, ME.Sy, selaku ketua program studi Manajemen Bisnis Syariah STEI SEBI.

BACA JUGA:  Aplikasi DSW Diretas Hacker, IBH Pastikan Tak Ada Kebocoran Data

Hal ini mendapatkan respon positif di mata masyarakat dan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak UMKM yang terbantu dengan diselenggarakannya program ini. Salah satunya adalah pengelola usaha ‘Nasi Goreng Mas Ipin’.

“Selama diadakannya kegiatan ini saya merasa terbantu sekali, mulai dari segi penjualan ada yang bantu mempromosikan, saya juga mendapat ilmu-ilmu baru dari para mahasiswa terkait bagaimana mengelola bisnis dengan cara yang lebih baik, Mulai dari menerbitkan surat legalitas usaha, dan masih banyak lagi.” Ujar Arifin Bin Untung selaku pemilik usaha Nasi Goreng Mas Ipin.

BACA JUGA:  Minggu Pagi KPU Depok Gelar Jalan Sehat di Alun-alun, Banyak Doorprize!

Adapun kesan dari mahasiswa yang mengikuti program ini adalah rasa bahagia dan bersukur bahwa ilmunya bisa bermanfaat untuk masyarakat seperti yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa yang bernama Ahmad Syakir.

“Ada banyak yang saya pelajari selama terjun langsung mendampingi usaha Nasi Goreng Mas Ipin. Saya bersyukur bisa ikut program ini dan bermanfaat bagi owner bisnis kecil. Bahagia rasanya.” Ujar Syakir.

Oleh: Muhammad Zaidan

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait