Mental Dasar Pengusaha

DEPOKPOS – Mental menurut Bahasa latin adalah jiwa. Jiwa disini memiliki fungsi untuk melakukan konsep tawakal. Berbeda dengan jiwa, raga memiliki fungsi berbeda yaitu untuk melakukan ikhtiar. Kita seringkali salah menerapkan konsep dari keduanya.

Yang biasa kita terapkan merupakan kebalikannya. Kita terbiasa menggunakan jiwa untuk melakukan konsep yang biasanya digunakan oleh raga yaitu ikhtiar. Dengan begitu jiwa yang seharusnya digunakan untuk konsep tawakal kerap kali sering terasa Lelah dan meletihkan.

Sebagai pengusaha yang bijak , kita bisa mulai merubah dari hal diatas dengan merubah mindset. Karena dari mindset bisa mempengaruhi mental.

Selain mental, pengusaha juga harus bisa mengolah pola pikir. Karena cara memandang terhadap sesuatu akan menghasilkan pola pikir yang akan berdampak pada proses Menyusun strategi manajemen Perusahaan sendiri.

BACA JUGA:  Menyelamatkan Bumi : Strategi Peduli Lingkungan untuk Masa Depan

Karena pola pikir dapat berdampak pada bagaimana kita memiliki sudut pandang, maka pengetahuan yang harus dimiliki seorang pengusaha juga perlu di asah dan ditambah untuk dapat memilah dan memikirkan dengan matang dalam penyusunan strategi/ sistem yang akan diterapkan didalam Perusahaan.

Pengetahuan yang nanti akan diproses di otak yang disebut sebagai akal itu bermula dari instrument yang muncul dari indra manusia baik perasa, peraba , dan yang lainnya. Proses pengetahuan yang berasal dari indra berawal dari informasi luar yang masuk sebagai sumber pengetahuan , sumber pengetahuan muncul dari proses merasa yang akan dijustifikasi oleh akal/ pikiran.

Karena minset juga bisa menjadi berbahaya , maka kita harus bisa melakukan yang Namanya grow mindset (mindset yang bertambah dan berkurang).

BACA JUGA:  Tentang QRIS dan Penggunaannya

Dalam berbisnis seorang pengusaha harus mengetahui 2 hal penting .

Inovasi
Sebuah bisnis pada zaman sekarang akan tertinggal jika tidak melakukan sebuah inovasi baik pada produk ataupun layanan pada bisnisnya. Kebanyakan konsumen sekarang memilih suatu produk bukan dari sebuah fungsi produk, melainkan dari berbagai aspek .

Marketing
Banyaknya jenis produk yang sama di Indonesia membuat seorang pembisnis/pengusaha harus pintar membuat sistem yang berbeda pada umumnya.

Kembali membahas mental, mentalitas pada seseorang nantinya akan menghasilkan sebuah prinsip kehidupan. Agar kita melakukan bisnis dengan senang dan santai maka jadikanlah sebuah bisnis itu alat untuk berhikmad .

Menjadi pengusaha/ pembisnis tidaklah lelah, pembisnis sejati tidak akan membuang waktunya dan mereka akan memakai waktu seorang pagawainya untuk melakukan pekerjaan. Dan mereka tidak menghabiskan tenaganya , mereka memakai tenaga pegawainya untuk melakukan pekerjaannya. Waktu dan tenaga pengusaha akan dipakai untuk melakukan inovasi dan membuat strategi bisnis untuk diterapkan dan dijalankan oleh pegawainya.

BACA JUGA:  5 Tradisi Orang Betawi Sebelum Ramadan

Pengusaha yang bijak juga akan memerhatikan visi misi yang akan mereka buat. Sebagai pengusaha yang memiliki keyakinan kepada Allah SWT visi misi yang dibuat adalah visi misi yang akan membantu nya sampai akhirat.

Buatlah bisnis dari apa yang kita sukai , visi misi yang bisa membantu kita sampai akhirat dan gunakanlah mental dan sudut pandang serta pikiran dengan bijak dan positive dengan Begitu sebuah bisnis akan berjalan lancar dan di ridhoi oleh Allah SWT.

Amanda Sausan