Keutamaan Ukhuwah Islamiyah

Keutamaan Ukhuwah Islamiyah

Dalam dakwah Islam, terdapat prinsip-prinsip penting yang harus ditanamkan dalam diri setiap kader dakwah. Salah satunya adalah ukhuwah (persaudaraan) dan cinta karena Allah. Makna dari cinta karena Allah adalah mencintai sesama kita bukan karena sosoknya, tetapi karena sifat-sifat baik yang disenangi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kita mencintai Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bukan hanya karena beliau sebagai pribadi, melainkan juga karena Allah mencintai beliau dan memerintahkan kita untuk mencintainya. Begitu juga dengan kecintaan kita terhadap kaum muslimin dan kebencian terhadap orang-orang kafir. Prinsipnya adalah lebih mencintai seorang muslim yang taat kepada perintah Allah daripada seorang muslim yang melakukan maksiat.

Selain itu, kita juga lebih menyayangi mukmin yang kuat imannya dibandingkan dengan mukmin yang lemah, serta lebih menghargai orang-orang rajin beribadah seperti shalat berjamaah atau jihad di jalan Allah daripada mereka yang tidak melakukannya.

Namun demikian, penting bagi kita untuk menjunjung tinggi prinsip ini dengan pedoman-pedoman agama. Kita tidak boleh melebih-lebihkan seseorang hanya berdasarkan rasa suka semata atau menjauhi seseorang tanpa alasan valid. Hanya rasa cinta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang layak dijunjung tinggi, karena Dialah satu-satunya yang berhak dicintai secara mutlak.

Keutamaan ukhuwah karena Allah sangatlah besar. Persaudaraan ini merupakan ikatan terpuji bagi umat manusia. Meskipun hubungan antarmanusia biasanya didasarkan pada kepentingan pribadi, namun persaudaraan dalam dakwah adalah pengecualian. Hubungan mereka adalah ikatan istimewa yang bermula dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah-lah Yang memilih hamba-hamba-Nya dan mengumpulkan hati mereka, menyatukan mereka, serta membuat mereka saling mencintai tanpa adanya sebab apapun dari diri mereka sendiri. Tidak ada kekuatan duniawi apa pun yang mampu menciptakan ikatan semacam itu, karena hanya Allah-lah sumbernya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga telah menjanjikan pahala besar dan kedudukan mulia bagi orang-orang yang bersaudara karena-Nya. Di hari Kiamat nanti, Allah akan bersabda: “Di mana orang-orang yang saling mencintai dalam keagungan-Ku? Pada hari ini Aku akan memberikan naungan kepada mereka di bawah naungan-Ku.” Selain itu, para Nabi dan syuhada pun iri kepada orang-orang tersebut.

Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga menjelaskan bahwa jika dua orang saling mencintai karena Allah, maka di antara keduanya akan ada rasa cinta yang lebih kuat daripada sahabat lainnya.

Dengan demikian, ukhuwah dan cinta karena Allah merupakan prinsip yang penting dalam dakwah Islam. Dalam persaudaraan ini, terdapat keutamaan besar yang dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mari kita jaga hubungan kita dengan sesama muslim agar tetap kuat dan berpegang teguh pada nilai-nilai ukhuwah.

Fajri Nurul Izzati

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait