Kelompok Anti-Islam Swedia Kembali Diizinkan Bakar Al Quran

Salwan Momika dan Salwan Najem terlihat menendang dan menginjak kitab suci umat Islam itu dan kemudian membakar halaman per halaman sebelum menutupnya.

DEPOKPOS – Dua pria kembali menggelar aksi membakar Al Quran di luar gedung parlemen Swedia di Stockholm pada Senin (31/7) siang.

Salwan Momika dan Salwan Najem terlihat menendang dan menginjak kitab suci umat Islam itu dan kemudian membakar halaman per halaman sebelum menutupnya.

BACA JUGA:  Menlu Retno Dorong Negara G-8 Gunakan Pengaruhnya Bantu Palestina

“Saya akan membakarnya berkali-kali, sampai Anda melarangnya,” kata Salwan Najem kepada surat kabar lokal, Expressen.

Pembakaran Al Quran memang terus berulang di Swedia dalam beberapa waktu terakhir. Aksi penghinaan terhadap Islam yang berlangsung hari ini pun kembali mendapat izin dari polisi Swedia.

Padahal, pemerintahan Perdana Menteri Ulf Kristersson tengah memutar otak agar dapat melarang aksi pembakaran kitab agama yang sudah membuat negaranya banyak dikecam komunitas internasional, terutama dari dunia Islam.

BACA JUGA:  Anak Presiden AS Dinyatakan Bersalah Atas Tiga Dakwaan Pidana

Selama ini Swedia memang hanya bisa mengecam pembakaran Al Quran tanpa dapat melarang aksi tersebut lantaran menerapkan undang-undang kebebasan berekspresi.

Dikutip AFP, Salwan Momika dan Salwan Najem juga telah menggelar aksi serupa dua kali. Kedua protes sebelumnya pun telah menyebabkan kemarahan dan kecaman yang meluas.

Swedia sampai-sampai memerintahkan 15 badan keamanan termasuk militer untuk berjaga-jaga mengantisipasi ancaman keamanan termasuk upaya terorisme akibat aksi pembakaran Al Quran yang berulang.

BACA JUGA:  Warga Palestina Tewas Akibat Serangan Israel di Gaza Tengah Bertambah jadi 210

PM Kristersson menekankan negaranya berada dalam “situasi keamanan paling serius sejak Perang Dunia II” akibat pembakaran Al Quran ini.

“Di sini, di rumah kita tahu bahwa negara, aktor dan individu seperti negara dapat memanfaatkan situasi ini,” kata Kristersson dalam sebuah posting di Instagram.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait