UI Dorong Penggunaan Motor Listrik di Lingkungan Kampus

DEPOKPOS – Universitas Indonesia (UI), pada Senin (24/7), menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan PT Grab Teknologi Indonesia, di Ruang Apung, Perpustakaan Pusat, Kampus UI Depok, dalam hal penyediaan transportasi ramah lingkungan bagi sivitas akademika UI. Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, dan dari Grab Indonesia dilakukan oleh Director of Strategic Partnership, Grab Indonesia, Kertapradana.

Sebagai implementasi dari kerja sama tersebut, UI menerima 22 unit motor listrik GrabElectric Viar tipe New Q1 yang dipinjamkan oleh Grab Indonesia selama satu tahun. Saat ini, UI telah menerima 15 unit dan 7 unit lainnya akan diterima secara bertahap. Motor listrik tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu mobilisasi para pegawai dan dosen di lingkungan Kampus UI Depok.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Prof. Dedi dalam kesempatan itu mengatakan bahwa sebagai kampus hijau (green campus), UI terus berupaya menjaga keberlangsungan lingkungan hidup melalui berbagai program, salah satunya adalah pemanfaatan kendaraan listrik. Penggunaan kendaraan listrik di kampus memiliki sejumlah manfaat, antara lain pengurangan emisi gas rumah kaca, kualitas udara lebih baik, dan hemat energi.

“Untuk mengembangkan penggunaan kendaraan listrik di area kampus, UI memiliki beberapa langkah, yaitu menyediakan fasilitas pengisian daya yang cukup di kampus; melakukan penelitian dan pengembangan teknologi kendaraan listrik; serta mengampanyekan program edukasi tentang manfaat kendaraan listrik dan konservasi energi. Dengan mengambil langkah-langkah ini, kami berharap dapat menciptakan kampus yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta memberikan kontribusi positif dalam mengatasi perubahan iklim,” ujar Prof. Dedi.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Selain meminjamkan unit motor listrik, Grab Indonesia juga membangun shelter motor listrik di depan Perpustakaan Pusat UI. Pembangunan shelter ini merupakan langkah maju untuk menyediakan akses transportasi publik yang lebih baik dan nyaman bagi warga UI maupun masyarakat umum yang tengah berada di kawasan Kampus UI Depok. Country Managing Director, Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan, “Shelter yang modern dan efisien ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas sivitas akademika dan seluruh warga UI, mengurangi kemacetan, serta berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan,” kata Neneng.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Acara penandatanganan perjanjian kerja sama dan penyerahan unit motor listrik ini turut dihadiri oleh perwakilan UI, yakni Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik, Vita Silvira, S.E., MBA; Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K); Direktur Kerjasama, Dr. Toto Pranoto, S.E,, M.M.; Direktur Operasi dan Pemeliharaan Fasilitas, Dr. Dwi Marta Nurjaya, S.T., M.T.; beserta jajaran. Adapun dari pihak Grab Indonesia turut hadir pula Director of Strategic and Costumer Experience, Hanief Meinanda.