Opini  

Seperti Apa Muslimah Muda Inspiratif?

Oleh: Hana Sheila, Anggota Komunitas Muslimah Menulis Depok

Penyanyi difabel asal Indonesia Putri Ariani baru-baru ini berhasil mendapatkan Golden Buzzer di ajang America’s Got Talent (AGT) 2023 dari juri Simon Cowell. Penyanyi Indonesia berusia 17 tahun itu tampil memukau pada 7 Juni 2023. Dalam penampilannya, Putri membawakan dua lagu, yaitu lagu dari ciptaannya sendiri berjudul “Loneliness” dan lagu dari Elton John yang berjudul “Sorry Seems to be the Hardest Word”. Penampilan Putri itu pun mendapatkan banjir pujian dari para juri dan penonton. Dengan suaranya yang merdu, Putri bahkan berhasil membuat Simon Cowell terkagum-kagum.

Keberhasilan seorang remaja putri Indonesia yang menyandang disabilitas netra meraih golden buzzer membuat riuh jagad maya. Sosoknya menjadi sorotan dunia, karena selain bernyanyi dan memainkan piano, gadis ini juga mengenakan hijab (kerudung) di ajang pencarian bakat internasional tersebut. Hal yang sama juga dialami duo hijabers yang masuk grand final sebuah ajang pencarian bakat bergengsi yang diselenggarakan sebuah stasiun televisi swasta di tanah air.

Decak kagum membanjiri mereka, karena mereka dianggap sebagai contoh teladan pemuda yang diimpikan baik dari segi pola pikir maupun perilaku yang dilakukan sehari-hari. Seseorang yang berpengaruh dapat menjadi sebuah teladan dalam sebuah perusahaan, organisasi, ataupun masyarakat luas.

Seperti sosok Putri Ariani atau sosok yang lainya. Profil remaja putri yang memiliki banyak prestasi ini membuat netizen berlomba-lomba memiliki hal yang serupa seperti suara merdu, fisik yang cantik, serta menjadi terkenal di sosial media, dan lain-lain. Tidak heran jika sosok inspiratif remaja hari ini memang hanya sebatas fisik dan kemampuannya semata karena hari ini sudah distandarisasi oleh pemahaman serba bebas yang menjadi dasar pemikiran remaja hari ini. Ditambah budaya luar yang masuk lewat 4f (food, film, fashion, fun).

Hal tersebut membuat para remaja kehilangan identitas dirinya sebagai Muslimah. Oleh karenanya seperti apa Muslimah muda inspiratif? Tentunya sosok Muslimah muda inspiratif tidak cukup hanya sebatas fisik atau menggunakan kerudung saja, namun juga harus diiringi oleh ilmu dan pemahaman Islam yang mumpuni dan akhlakul karimah. Serta memiliki kepribadian Islam seperti banyak yang dimiliki sahabiyah di masa Rasulullah SAW yakni Khadijah binti Khuwailid (Ummul Mukminin dan pebisnis ulung), Saudah binti Zam’ah (Ummul Mukminin), juga Aisyah binti Abu Bakar (Ummul Mukiminin), dan lainnya.

Itulah yang harus dicontoh oleh Muslimah muda agar menjadi pribadi yang berkepribadian Islam (pola sikap dan pola pikirinya sesuai dengan Islam). Oleh karena itu, untuk menjadi pribadi yang bersyaksiyah Islam tentunya harus memahami betul tujuan hidupnya di dunia, mengkaji Islam secara kaffah, berkumpul dengan teman-teman yang shalihah.

Sehingga nantinya akan banyak Muslimah inspiratif yang tidak hanya cantik fisik dan punya kemampuan yang mumpuni tapi juga memiliki pola fikir dan sikap yang islami. Maka dari wanita Muslimah inspiratif inilah akan melahirkan generasi-generasi Islam selanjutnya yang akan menjadikan Islam berjaya kembali. []