Oase  

Kisah Asy-Syifa Binti Abdullah Begitu Inspiratif untuk Remaja

DEPOKPOS – Kisah Asy-Syifa binti Abdullah menurut Kak Tyas, Pemerhati Remaja, bisa menginspirasi remaja yang keren tentang Islam dan tentang kehidupan menjadi terbuka.

“Kisah Asy-Syifa binti Abdullah atau dikenal juga dengan nama Ummu Sulaiman, salah seorang sahabat yang kisahnya begitu inspiratif untuk remaja. Yaitu menjadi remaja yang keren itu bukan sekedar kesuksesan saja, melainkan yang bisa mengajak teman-temannya menjadi taat,” ungkapnya dalam Kajian Remaja Islam Generasi Z (Kremez): Menjadi Remaja Gaul yang Taat, Mau?, Ahad (2/7/2023) di Cafe Chilla’s, Ragajaya, Depok.

Ia pun berharap dari kisah Asy-Syifa ini pemikiran remaja bisa keren, tentang Islam dan tentang kehidupan itu menjadi terbuka dan remaja yang akan membuat terobos baru untuk umat, remaja yang dapat membuat hal baru sesuai dengan syariat Islam, remaja yang taat tapi tetap gaul, bukan cuman remaja gaul tapi tidak taat atau bahkan jauh dari agamanya sendiri.

BACA JUGA:  Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi

Ia pun menilai bahwa kisah Asy-Syifa ini memang menginspirasi. “Beliau merupakan ilmuwan perempuan pertama dalam Islam. Beliau pun terkenal dengan kepandaian dan kebaikannya sejak zaman Jahiliyah, di mana pada saat itu hanya segelintir perempuan yang diperbolehkan menulis dan membaca,” jelasnya di hadapan sekitar 35 peserta.

“Asy-Syifa’ termasuk wanita yang cerdas dan utama. Ia pun seorang ulama di antara ulama dalam Islam, serta merupakan tanah yang subur bagi ilmu dan iman. Sehingga ia dikenal sebagai guru dalam membaca dan menulis sebelum datangnya Islam. Tatkala masuk Islam ia tetap memberikan pengajaran kepada para perempuan Muslimah dengan mengharapkan ganjaran dan pahala. Oleh karena itulah, ia disebut sebagai ‘guru perempuan pertama dalam Islam’, bebernya.

BACA JUGA:  Tips Mudah Menghafal Al-Qur'an

Menurut Kak Tyas, “Dalam kitab ‘Nisaa Haular Rasul, dijelaskan Asy-Syifa’ ra masuk Islam sebelum hijrahnya Nabi SAW dan termasuk muhajirin angkatan pertama serta termasuk perempuan yang berba’iat kepada Rasulullah SAW. Beliaulah yang disebutkan dalam firman Allah SWT, Al-Qur’an surah al-Mumtahanah ayat 12.”

Kak Tyas pun mengatakan, “Ia dikenal sebagai perempuan yang banyak mengajari orang Islam untuk membaca dan menulis, baik ketika ia di Makkah ataupun di Madinah. Asy-Syifa mengajari menulis dan membaca orang-orang Islam, baik mereka yang baru masuk Islam maupun yang sudah lama masuk dalam agama tersebut. Ia dikenal dermawan ilmu, yang ikhlas memberikan ilmunya tanpa pamrih. Dan salah satu murid beliau adalah Hafsah binti Abu Bakar, yang nanti menjadi salah satu istri Rasulullah SAW.”

BACA JUGA:  Tips Mudah Menghafal Al-Qur'an

“Ia dicatat sebagai perempuan Islam yang menjadi guru pertama yang mengajarkan banyak ilmu kepada masyarakat secara sukarela. Ia adalah perempuan yang inspiratif, disukai oleh Rasulullah, karena kerja-kerja cerdasnya,” pungkasnya.[]

Wanda Rizkia