Warung Mak Beng Masuk Peringkat 3 Restoran Paling Legendaris di Dunia

Warung Mak Beng, Sanur, Bali. (Dok. Kemenparekraf)

Warung Mak Beng didirikan oleh Ni Ketut Tjuki dan suaminya I Putu Gede Wirya (Nyoo Tik Gwan) sejak 1941

DEPOKPOS – Dalam daftar 150 restoran paling legendaris TasteAtlas di dunia 2023, Warung Mak Beng menduduki peringkat ketiga dibawah Figlmüller di Austria yang menempati peringkat pertama dan kedua ada Katz’s Delicatessen di New York, Amerika Serikat.

Warung Mak Beng didirikan oleh Ni Ketut Tjuki dan suaminya I Putu Gede Wirya (Nyoo Tik Gwan) sejak 1941. Prakarsa sambal Mak Beng dipelopori oleh mertua Mak Beng dan menjadi khas sejak warung ini berdiri.

Warung Mak Beng menjadi salah satu warung legendaris di Bali yang beralamat di Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar. Sebelum menjadi incaran turis lokal dan asing di Bali, warung makan ini lebih dikenal sebagai tempat mangkalnya sopir bemo.

Warung Mak Beng menawarkan menu andalan, yakni sup kepala ikan dan ikan goreng. Ikan yang digunakan tergantung ketersediaan seperti ikan tongkol, kakap, tenggiri, atau ikan. Ikan tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan lokal di daerah Sanur maupun wilayah Bali lainnya.

Kelezatan ikan goreng di sini terletak pada teksturnya yang garing di luar. Tapi bagian dalam ikannya tetap lembut dan tidak keras sama sekali. Teksturnya kokoh tanpa aroma anyir. Apalagi dipadukan dengan sambal terasi khas Mak Beng yang bikin nagih.

Terakhir, sup ikannya yang menjadi pelengkap di Warung Mak Beng. Supnya dimasak dengan bumbu-bumbu tradisional Bali yang membuat cita rasanya tidak amis sama sekali.

Di dalam supnya dicampur dengan belimbingwuluh dan mentimun. Untuk harga menu MakBeng, satu porsi hidangan dijual dengan harga Rp 55.000/paket, belum termasuk minuman.

Jam buka warung ini setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 Wita. Waktu paling ramai pengunjung dari pukul 14.00-19:00 Wita. Kamu harus menghindari jam tersebut agar tidak terlalu antre.

Untuk diketahui, TasteAtlas adalah sebuah media online panduan wisata dunia makanan dunia. TasteAtlas merupakan sebuah website yang didirikan oleh jurnalis dan pengusaha asal Kroasia, Matija Babic.