Cara Menanam Tanaman Langka Peperomia Argyreia

Peperomia argyreia ini dihargai dalam budidaya dan telah mendapatkan Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit.

DEPOKPOS – Peperomia argyreia merupakan tanaman hias daun yang sukulen dan sangat menarik, dan merupakan spesies tanaman berbunga di keluarga Piperaceae, asli Amerika Selatan bagian utara, termasuk Bolivia, Brasil, Ekuador, dan Venezuela.

Nama latin tanaman ini adalah Peperomia argyreia, dan sering kita sebut dengan nama populernya yaitu Peperomia Semangka, atau Watermelon Peperomia. Namun, tanaman ini tidak terkait erat dengan semangka atau begonia. Istilah-istilah ini berhubungan dengan bentuk, tanda dan tekstur daun. Daun Peperomia Semangka berbentuk bulat sukulen berdaging yang menarik, dibalut dengan warna hijau dan abu-abu.

Peperomia argyreia ini dihargai dalam budidaya dan telah mendapatkan Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit. Pada daerah yang beriklim sedang, umumnya Peperomia Semangka ini ditanam sebagai tanaman hias pada suhu minimum 10 °C , dan cenderung cocok dibawah nauangan dengan intensitas 50 – 50% atau diletakkan di teras yang terhalang sinar matahari langsung. Di dalam ruangan, di bawah sinar  lampu neon tanaman ini mampu beradaptasi sehingga banyak dijadikan tanaman indoor yang ideal untuk kantor atau flat basement.

Peperomia argyreia  merupakan tanaman sukulen yang tidak terlalu suka air, jadi penyiraman dilakukan jika media sudah kering dan kelembaban rendah. Dan merupakan tanaman yang tumbuhnya  lambat, biasanya mencapai ketinggian akhir sekitar 20 hingga 30cm dan terkadang muncul bunga berbentuk spike. Sebagai catatan untuk penggemar Peperomia argyreia, batang dan daun pada tanaman ini sangat rapuh dan mesti hati-hati dalam melakukan perawatan tanaman ini.

Cara Menanam Peperomia Argyreia

Sama seperti jenis Peperomia lainnya, tanaman ini tergolong cukup mudah untuk ditanam sendiri di rumah. Selama memiliki satu tanaman sehat, maka pembiakan tanamannya pun akan dengan mudah bisa dilakukan. Beberapa langkah penanaman yang perlu kita ketahui:

1. Persiapan Media Tanam

Media tanam dipersiapkan terlebih dahulu supaya nanti ketika melakukan perbanyakan, sudah ada media untuk meletakkannya. Tanaman ini menyukai media tanam yang gembur dengan drainase baik seperti campuran pasir dengan humus dengan perbandingan 1:1.

2. Perbanyakan Anakan

Memperbanyak anakan baru akan memerlukan waktu yang tidak sebentar jika dilakukan secara alami. Potong terlebih dahulu bagian bawah daun sehat yang terhubung langsung pada batang kemudian diletakkan di atas air. Letakkan di tempat dengan banyak cahaya kemudian tunggu 6-8 minggu hingga akar tanaman baru mulai tumbuh. Perbanyakan bisa juga dengan stek daun.

3. Pemindahan Anakan

Ketika akar tanaman sudah mulai tumbuh sekitar 3-4 cm, pemindahan anakan baru sudah bisa dilakukan. Gunakan pot sesuai keinginan tetapi harus memiliki lubang drainase yang baik di bagian bawahnya. Pertama, isi terlebih dahulu pot dengan media tanam tadi kemudian beri lubang sesuai dengan perakaran anakan dan tutup kembali.

Setelah melakukan Penanaman, sebaiknya kita menggunakan pupuk NPK atau pupuk daun dengan frekwensi 2 – 3 bulan sekali dengan dosis 5 gram per pot 20 liter atau 2 gram per pot 10 liter dan pupuk daun dengan konsentrasi 2% setiap 1 bulan sekali dan dihentikan setelah pertumbuhan normal. Tanaman peperomia semangka tidak beracun dan oleh karena itu aman untuk disimpan di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan.