UI Ambil Bagian pada AUA President Summit di Kazakhtan

DEPOKPOS – Sejumlah 15 Perguruan Tinggi di Asia yang tergabung dalam The Asian Universitas Alliances (AUA) berkumpul dalam satu forum, yakni AUA President Summit, di Astana Kazakhstan. Sejumlah universitas yang tergabung di dalamnya termasuk dalam 10 universitas teratas di Times Higher Education (THE) dan 50 Universitas teratas di QS World University Rangkings 2023, salah satunya Universitas Indonesia (UI).

UI yang diwakili oleh Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati., M.Sc., Ph.D. didampingi Kepala Kantor Urusan Internasional, drg. Baiduri Widanarko., M.KKK.,Ph.D. di ajang yang berlangsung pada 11-13 Mei 2023, membuktikan kepedulian UI terhadap masa depan pendidikan tinggi dalam menjawab tantangan regional dan global. Agustin Ph.D dan Baiduri juga menghadiri AUA Board Meeting dan mendiskusikan handover AUA Presidency, handover AUA Executive Presidency, serta diskusi dan evaluasi program AUA—dari framework hingga budget . Pertemuan di Kazakhstan ini merupakan yang pertama kali di laksanakan secara tatap-muka pascapandemi Covid-19. Pertemuan tersebut bertemakan “Shaping Higher Education in an Evolving Asia: Creation, Integration, and Innovation.”

Agustin Ph.D menyampaikan pandangannya bersama para panelis lain pada diskusi yang bertema “Universitas Modern, Keberlanjutan dan Perubahan.” Di kesempatan tersebut, ia mendiskusikan cara universitas dapat menyeimbangkan tradisi dan modernitas, dampak tantangan global seperti krisis global Covid-19 terhadap kelangsungan atau perubahan universitas—termasuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu, dibahas juga dampak Artificial Intelligent (AI) serta ChatGPT di dunia pendidikan tinggi.

Melalui program-program yang disampaikan pada pertemuan tersebut, diharapkan universitas dapat meningkatkan kualitas kerja sama dan kolaborasi, sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan pendidikan tinggi di tingkat regional dan global. Di akhir kegiatan, ke-15 universitas anggota AUA bersepakat memilih United Arab Emirates University sebagai AUA Presidency untuk periode 2023-2026 serta Hongkong University Science and Technology sebagai AUA Executive Presidency pada periode 2023-2024.