CfDS UGM Beri Pelatihan Penguasaan Augmented Reality

DEPOKPOS – Center for Digital Society (CfDS) UGM berkolaborasi bersama Meta dan Hacktiv8 sukses menyelenggarakan kelas Meta Akademi Pembelajaran Virtual dengan Kecerdasan Digital. Penyelenggaraan kelas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada peserta mengenai pembuatan efek Augmented Reality (AR) menggunakan Meta Spark Studio dan publikasi filter AR ke Instagram.

Rangkaian kelas ini berlangsung selama sepuluh hari, 9 – 19 Mei 2023 dan para peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti serta mempelajari topik-topik menarik. Topik-topik tersebut seperti Target Tracking pada 9 Mei 2023, Plane Tracking pada 11 Mei 2023, Hand and Face Tracking pada 16 Mei 2023, dan terakhir Body Tracking pada 19 Mei 2023.

BACA JUGA:  UGM Gelar Workshop Penulisan SDGs

“Antusias tinggi diperlihatkan para peserta saat mengikuti setiap sesi, dengan didukung kehadiran mentor dan instruktur berpengalaman,” ujar Nadya Olga Aletha dari CfDS UGM, di Fisipol, Rabu (24/5).

Mentor utama pada kelas ini adalah Ajie Chandra, seorang Mentor Metaspark,yang ahli dalam bidang pembuatan efek AR. Ia membagikan pengetahuannya secara mendalam kepada peserta. Secara telaten ia pun membantu para peserta memahami langkah-langkah praktikal dalam menciptakan efek AR secara langsung menggunakan Meta Spark Studio.

“Selain itu, Dimas Surya, seorang Instruktur Metaspark bersama Ajie mengarahkan dan melatih peserta secara hand-on-hand selama sesi pembelajaran berlangsung,” terang Nadya Olga.

Memandu kegiatan di kelas, Nadya menyebut inti penyelenggaraan kelas pembelajaran virtual ini untuk mengajak para peserta dalam menggali dan memahami praktik pembuatan efek AR lewat metode step-by-step. Melalui pemanfaatan Meta Spark Studio, para peserta diharapkan dapat menciptakan filter AR yang menarik dan kreatif secara mudah.

BACA JUGA:  Mahasiswa Akuntansi Unpam Gelar PMKM Pengenalan Aplikasi

“Filter-filter AR tersebut juga dapat langsung dipublikasikan ke Instagram, memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi karya mereka dengan khalayak luas,” ucapnya.

Nadya Olga kembali menandaskan rangkaian kelas Meta Akademi Pembelajaran Virtual dengan Kecerdasan Digital menjadi sukses berkat antusiasme dan partisipasi peserta yang tinggi. Peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang penggunaan Meta Spark Studio dalam menciptakan efek AR.

Para peserta juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mentor dan instruktur, memperoleh wawasan berharga untuk melanjutkan eksplorasi keterampilan ini di masa depan.

BACA JUGA:  Mahasiswa Akuntansi Unpam Gelar PMKM Pengenalan Aplikasi

Dimas Surya menambahkan CfDS, Meta, dan Hacktiv8 terus berkomitmen untuk mendukung inisiatif dan kelas-kelas sejenis guna mendorong pengembangan kecerdasan digital di Indonesia. Kolaborasi ini memberikan peluang kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan teknologi mutakhir seperti Augmented Reality.

“Harapannya, lewat pelaksanaan seri pembelajaran ini, semakin banyak individu yang siap menghadapi tantangan masa depan yang semakin digital,” tutup Dimas Surya, selaku instruktur utama kelas ini.

Penulis : Agung Nugroho

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait