Pemasaran Online Dapat Meningkatkan Peluang Bisnis

DEPOKPOS – Adanya proses pertemuan antara penjual dan pembeli kini bergerak dengan trend internet marketing yaitu strategi pemasaran yang membutuhkan koneksi internet untuk bekerja. Strategi ini penjual tidak harus menemui pembeli dalam proses transaksi. (Nikmah, 2017)

Pemasaran online cocok untuk usaha yang baru dirikan atau sudah lama berdiri. Tentunya hemat biaya karena tidak membutuhkan tempat/toko untuk mempresentasikan produk/jasa, bisa mengaturnya sendiri tanpa harus merekrut karyawan, waktu atau jam kerja tidak terbatas, dan memiliki pasar yang luas. , karena pemasaran online biasanya didukung oleh website atau sosial media (Facebook, Instagram, WA dan lainnya). Fenomena ini memberikan kesempatan bagi kreator muda untuk mencoba masuk ke dunia bisnis. Misalnya dengan menjalankan bisnis online, seorang mahasiswa tidak terganggu dengan jadwal kuliah dan bisa menambah uang saku.

Awalnya, pemasaran online menggunakan halaman berformat HTML statis untuk digunakan oleh pengguna internet. Situs web telah menjadi semacam brosur online, kantor kedua tempat mereka dapat menunjukkan identitas mereka ke dunia. Pemasaran online terus mengalami kemajuan, tidak hanya melalui website tetapi juga melalui email dan aplikasi online lainnya seperti media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain).

Menurut Sulianta (2015), media sosial adalah saluran atau media untuk interaksi sosial secara online di dunia maya (internet). Pengguna media sosial berkomunikasi, berinteraksi, mengirim pesan, berbagi dan berjejaring satu sama lain. Media sosial merupakan media periklanan online gratis terbaik saat ini karena jumlah pengguna aktif berbagai media sosial mencapai jutaan.

Menurut Kennrianno (2016), media sosial memiliki keutamaan dibandingkan media tradisional, antara lain:

Kesederhanaan

Sederhana dan mudah digunakan. Hampir semua kalangan sosial saat ini memiliki akun Facebook, Instagram, dan lainnya. Tanpa memahami detail Teknologi Informasi (TI), Anda dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan mudah hanya dengan smartphone Android dan koneksi internet.

Membangun

Hubungan media sosial menawarkan kesempatan yang tidak tertandingi untuk terlibat dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan segera menerima umpan balik, ide, tes, dan dengan cepat menangani layanan pelanggan. Sebaliknya, jika menggunakan media tradisional, komunikasi hanya dapat dilakukan secara tatap muka jika ingin melakukan komunikasi dua arah.

Lingkup

Media global tradisional dapat menjangkau seluruh dunia, tetapi tentu saja sangat mahal dan memakan waktu. Media sosial memungkinkan perusahaan untuk mengkomunikasikan informasi secara mudah, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan konten disesuaikan dengan setiap segmen pasar dan memungkinkan bisnis mengirim pesan ke lebih banyak pengguna.

Terevaluasi

Pengiriman pesan dapat diukur dengan menggunakan sistem pemantauan sederhana, yang memungkinkan perusahaan untuk segera menentukan keefektifan kampanye. Tidak demikian halnya dengan media tradisional yang membutuhkan waktu lama.

Menurut Kenrianno (2016), manfaat penggunaan media sosial di perusahaan adalah:

Mudahnya mendapatkan informasi pembeli melalui media sosial.

Dapat dengan mudah mengetahui secara detail siapa pembeli Anda, bahasa apa yang mereka gunakan, berapa usia dan jenis kelamin mereka. Informasi ini dapat membantu proses branding dan pemasaran kepada konsumen yang tepat sasaran. Dengan itu diharapkan dapat memberikan keuntungan lebih.

Efektif dalam menentukan target.

Misalnya, Instagram memiliki fitur lokasi atau tagar (#) yang dapat memudahkan identifikasi lokasi

Mudah mencari pembeli baru dan memperluas target pasar Anda.

Media sosial seperti Instagram membantu bisnis kecil menemukan pembeli dan pembeli potensial. Jika ingin mencari konsumen yang lokasinya dekat dengan perkantoran, Anda bisa menggunakan Instagram untuk mencari lokasi terdekat. Karena dengan itu dapat memudahkan menemukan calon pembeli di dekat lokasi bisnis Anda. Kemudian bisa memakai hashtag (#) untuk mencari konsumen yang terkait dengan bisnis yang sedang berjalan.