UI Terima Hibah Bus Listrik dari Kementerian Investasi/BKPM

Inovasi lain dari bus ini adalah baterai yang digunakan dibagi dalam 10 pack dan ditempatkan di area terpisah, sehingga tidak mengganggu penumpang. Bus juga sudah tidak menggunakan spion, namun dilengkapi dengan sensor dan kamera, khususnya kamera 360, agar pengemudi dapat melihat area sekitar bus, sehingga risiko terjadinya kecelakaan dapat diminimalisasi.

Vice President Director and Group CEO Indika Energy, Azis Armand, mengatakan bahwa bus listrik ini adalah solusi dari upaya menjaga kelestarian lingkungan. “Kita semua senang sekali dapat berpartisipasi dalam upaya untuk mencari solusi perubahan iklim. Semoga ini dapat menjadi awal dari perkembangan ekosistem lainnya, dan UI sebagai lembaga riset dapat berpartisipasi aktif untuk bersama-sama melahirkan inovasi,” kata Azis.

Noni Purnomo menilai bahwa penyerahan bus listrik ini sangat baik, karena UI ingin dikenal sebagai green university. Ini juga menjadi salah satu persyaratan untuk menambah poin di QS Ranking. Noni mengatakan, “Kami atas nama MWA UI sangat berterima kasih atas hibah yang diberikan dari Kementerian Investasi/BKPM. Mudah-mudahan bus listrik ini bisa menjadi suatu simbol dan juga menjadi suatu awal yang baru sehingga kita semua tergerak untuk lebih fokus lagi dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup.”

Rencananya, perawatan bus listrik ini akan dilakukan dalam waktu lima tahun. Selain perawatan dan pengoperasiannya, seluruh pihak terkait akan belajar bersama-sama bagaimana merawat, mengoperasikan, dan jika ada kerusakan memperbaikinya juga. “Kita akan bersama-sama melakukan riset terkait performance dari kendaraan bus. Ini adalah salah satu bus listrik terbaik. Dan ini adalah built up, sehingga jika kita pelajari dari material, konstruksi, juga standar keamanan dan kelengkapannya lebih daripada yang lain,” ujar Ery Priwan, Director of Operations PT Energi Makmur Buana, yang menangani maintenance bus listrik.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait