Sambut Ramadhan, Bumikan Al-Qur’an

Oleh: Sandhi Indrati, Anggota Komunitas Muslimah Menulis Depok

Alun-Alun Kota Depok bergemakan lantunan bacaan Al-Qur’an oleh umat Islam yang datang dari segala penjuru wilayah kota bercirikan buah belimbing dewa. Pria dan wanita, anak-anak, remaja hingga orang tua, bersama-sama mengalunkan Qur’an terutama surah ar Rahman. Muslimin dan muslimat dari berbagai komunitas kajian serta para pengunjung Alun-Alun Kota menyatu padu dalam kegiatan Depok Mengaji, Ahad 19 Maret 2023.

Matahari pagi semakin menghangati agenda yang diadakan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1444 Hijriyah. Slogan ‘Sambut Ramadhan, Bumikan Al-Qur’an’ diiringi gemuruh suara takbir para peserta mengajak kaum Muslim Kota Depok untuk semakin dekat dengan Al-Qur’an. Seperti tausiyah yang disampaikan oleh tokoh ulama Kota Depok, Ustadz Farhan Suchail, ia mengatakan,”Mari kita jadikan bulan Ramadhan sebagai satu momentum tonggak untuk kita kembali meraih kemuliaan umat Islam, insyaAllah.”

Menurutnya, kemuliaan umat Islam hanya ada di amalan Al-Qur’an. “Semoga momen ini menjadi penyemangat di bulan Ramadhan serta pengingat kita juga bahwa di bulan mulia inilah diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup juga sebagai tanda cinta Allah kepada kita. Semoga kita tidak lalai dengan Al Qur’an yaitu dengan tidak membacanya, tidak mempelajarinya bahkan tidak mengamalkannya dalam kehidupan, karena Al-Qur’an bisa menjadi syafaat bagi kita di akhirat dan bisa juga menjadi saksi atas kita yang tidak mengamalkan Al-Qur’an.”

Dengan segera tibanya bulan Ramadhan yang hanya tinggal menghitung hari, semoga warga Depok semakin mendekatkan diri dengan Al-Qur’an. Cita-cita pemerintahan dan masyarakat Kota Depok yang dilambangkan dalam gambar padi dan kapas pada logo kota serta diartikan dengan kesejahteraan dan kemakmuran akan mudah terwujud salah satunya dengan dukungan perilaku warganya yang gemar membaca dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. InsyaAllah. []

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait