Oase  

Sabar dan Syukur dalam Menjalani Kehidupan

DEPOKPOS – Hidup merupakan salah satu anugrah yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap makhluk hidup yang di ciptakan oleh-Nya salah satunya manusia.

Setiap orang pasti memiliki qadar hidup yang ditetapkan oleh Allah SWT dan dari setiap kehidupan yang manis pasti mempunyai jalan lika liku yang pahit.

Dan dalam menjalanji hidup yang pahit itu sebagai ummat muslim yang baik kita harus sabar dalam menjalaninya.

Karena dari setiap kesabaran yang kita lakukan pasti ada jalan yang cerah yang akan kita lalui. Dan kita harus mensyukuri atas hidup yang kita miliki.

Banyak sekali ayat suci alquran yang menjelaskan tentang kesabaran atas jalan hidup yang diberikan. Salah satu ayat yang menjelaskan hal tersebut ialah Q. S Albaqarah ayat 153 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

BACA JUGA:  Ini 10 Kriteria Aliran Sesat dari MUI

Artinya :
“ Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dari ayat tersebut menjelaskan bahwa bagi orang orang yang beriman salah satunya kita orang muslim agar terus bersabar atas semua tantangan yang kita lalui disetiap detiknya baik itu perkara kecil ataupun perkara besar.

Pada ayat tersebut juga memrintahkan kita agar meminta pertolongan kepada Allah SWT, karena pada hakekatnya Allah SWT selalu bersama hambanya baik dimana pun hambanya berada.

Kemudian sebagai ummat muslim yang baik dalam ayat tersebut juga diperintahkan bagi kita untuk mengerjakan sholat.

Karena Allah SWT juga menjelaskan dalam Alquran bahwa setelah kita melaksanakan ibadah kepada Allah SWT maka kita akan mendapat ketenangan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan yang fana ini, selain itu kita juga akan ditambahkan kesabaran dalam menjalani kesulitan yang diberikan.

BACA JUGA:  Mengenang Perang Badar yang Terjadi pada 17 Ramadhan 2 Hijriah

Semakin sulit tantangan yang diberikan kepada seorang hamba maka semakin sayang Allah SWT kepadanya. Karena Allah SWT tahu akan kekuatan iman yang dimiliki hambanya.

Allah juga menjelaskan dalam Alquran bahwa Allah SWT tidak akan memberi cobaan di atas kemampuan hambanya dalam menghadapi suatu masalah.

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِ”رِيْنَ ࣖ

BACA JUGA:  Mengenang Perang Badar yang Terjadi pada 17 Ramadhan 2 Hijriah

Artinya : “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Dengan kita bersabar atas cobaan yang diberikan dan mensyukuri atas hidup yang berikan maka kita akan mendapatkan kehiupan yang lebih indah dari yang kita bayangkan.

Ihdina Isra Azana